website statistics
30.4 C
Indonesia
Thu, 25 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

30.4 C
Indonesia
Thursday, 25 April 2024 | 13:25:54 WIB

Penilaian Tes Kebugaran Jasmani  Calhaj Asal Kecamatan Tapos Pakai Metode Rockport

Depok | detikNews – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok telah melaksanakan tes kebugaran jasmani bagi jemaah Calon Haji (Calhaj) yang akan berangkat ke tanah suci pada tahun 2023.

Pemeriksaan ini diikuti oleh 89 jemaah Calhaj yang berasal dari Kecamatan Tapos dan diadakan pada hari Jumat (17/03) lalu.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinkes Kota Depok, Zakiah, menjelaskan bahwa tes kebugaran dimulai dengan pemeriksaan kesehatan, termasuk pengukuran tekanan darah. Selanjutnya, penilaian kebugaran dilakukan dengan metode rockport.

Baca juga:  Cara Membuat Teh Adas Hangat, Sumber Antioksidan Baik untuk Tubuh

Metode rockport melibatkan berjalan cepat atau lari kecil secara konstan dengan jarak tempuh sekitar 1,6 Km. “Tes kebugaran ini dilakukan untuk menilai daya tahan kardio-respirasi atau daya tahan jantung dan pernafasan. Dari hasil tes tersebut, 50 orang dinyatakan memiliki hasil yang baik, 30 orang memiliki hasil cukup, empat orang memiliki hasil kurang, dan lima orang memiliki hasil kurang sekali,” tutur Zakiah, Senin (20/03/2023)

Baca juga:  Program HBS untuk Pemberdayaan Ibu-Ibu Depok, Keterampilan Pembuatan Bros

Bagi jemaah Calhaj yang hasil tes kebugarannya kurang atau kurang sekali, mereka akan diberikan edukasi tentang cara meningkatkan kebugaran dengan berlatih rutin tiga kali dalam seminggu dengan berjalan cepat selama 30 menit.

Sementara itu, Administrator Kesehatan Ahli Muda, Dinkes Kota Depok, Agus Gojali, menjelaskan bahwa setelah menjalani tes kebugaran jasmani, puluhan jemaah Calhaj akan mengikuti tes rutin pemeriksaan kesehatan jemaah haji, baik yang sedang atau sudah berlangsung di Puskesmas.

Baca juga:  Peringati Hardiknas, MTs Al-Ikhlas Gelar Halal-Bihalal, Targetkan Peningkatkan Penerimaan Siswa Baru 2023

“Suntik meningitis dilaksanakan di puskesmas masing-masing yang melaksanakan pelayanan kesehatan jemaah haji,” jelasnya.

Tes kebugaran jasmani dan pemeriksaan kesehatan lainnya sangat penting dilakukan sebelum berangkat ke tanah suci. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa jemaah Calhaj dalam keadaan sehat dan mampu menjalankan ibadah haji dengan lancar dan aman. (Edh)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait