website statistics
23.4 C
Indonesia
Wed, 24 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Wednesday, 24 April 2024 | 5:10:34 WIB

Peningkatan Keselamatan Mudik Lebaran: Usulan Menhub untuk Menambah Lajur Tol Cipali menjadi 3 melalui Evaluasi Prasarana Tahun Sebelumnya

Jakarta | detikNews – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, telah memberikan sejumlah catatan yang perlu dievaluasi untuk meningkatkan pengamanan mudik Lebaran pada tahun 2024. Salah satu catatan yang ia sampaikan adalah untuk menambah lajur Tol Cipali dari dua menjadi tiga jalur.

“Kami harus mengutamakan keselamatan dan meningkatkan prasarana secara lebih baik. Jika kita menambah satu lajur di Tol Cipali, kemacetan arus mudik di tahun depan bisa diatasi dengan cara contraflow tanpa perlu menerapkan one way. Namun, jika kita memiliki tiga lajur, kita bisa mempertimbangkan contraflow atau pengaturan arus lalu lintas lainnya, termasuk di Tol Cisumdawu,” ungkap Budi kepada wartawan di kantor Kementerian Perhubungan di Jakarta Pusat pada Selasa (2/5/2023).

Baca juga:  2 Prajurit TNI-Polri Gugur saat Amankan Tarawih di Papua, Menimbulkan Duka yang Mendalam bagi Keluarga dan Rekan-Rekan Korban

Budi menambahkan bahwa penambahan lajur Tol Cipali dapat membantu mengatasi volume kendaraan yang tinggi selama mudik Lebaran. Ia juga berharap ada penambahan kapal dan peningkatan prasarana kereta api untuk memudahkan mobilitas penumpang selama mudik.

“Kita berharap ASDP dapat menggunakan kapal yang lebih cepat dan lebih besar sehingga kapasitasnya bertambah. Di sektor aviasi dan kereta api, penambahan kapasitas juga diperlukan. Potensi prasarana kita masih memungkinkan untuk menambah jumlah kereta api yang tersedia,” ujar Budi.

Baca juga:  Polda Metro Jaya Siapkan Ribuan Personel untuk Pengamanan May Day di Jakarta pada 1 Mei 2023

Menurutnya, jalur Tol Cipali dan Tol Cisumdawu perlu diperluas untuk menampung volume kendaraan yang tinggi selama mudik Lebaran. Budi mengusulkan agar bagian Tol Cipali dari Km 72 sampai Kalikangkung diperluas menjadi tiga atau empat jalur untuk mengatasi kemacetan.

“Walaupun sejauh ini kita memiliki Tol Cisumdawu yang baru, volume kendaraan yang melalui jalur ini masih cukup tinggi. Oleh karena itu, minimal beberapa kilometer masuk ke arah Kalikangkung dan Jakarta harus memiliki tiga jalur untuk mengakomodasi volume kendaraan agar tidak tersendat,” tambah Budi.

Baca juga:  Upst..Skandal Korupsi Politik di Partai Demokrat Jawa Barat, Wakil Ketua Mengundurkan Diri Akibat Diminta Uang untuk Nomor Urut Bacaleg

Dalam rangka meningkatkan keselamatan dan kenyamanan selama mudik Lebaran, evaluasi dan perbaikan prasarana seperti yang diusulkan oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, sangat penting untuk dilakukan. Hal ini dapat membantu mengurangi kemacetan, mempercepat mobilitas, dan meningkatkan keamanan dan kenyamanan bagi seluruh pengguna jalan.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait