website statistics
22.4 C
Indonesia
Thu, 28 March 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Thursday, 28 March 2024 | 21:46:39 WIB

Peningkatan Zonasi PPDB, Pemkot Tangerang Gratiskan Biaya Pendidikan 146 Sekolah Swasta

Tangerang | detikNews – Memasuki tahun ajaran baru pada tahun 2023, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang telah menunjukkan komitmennya dalam mengatasi permasalahan yang kerap muncul saat penerimaan peserta didik baru.

Wali Kota Tangerang, H. Arief R. Wismansyah, mengungkapkan bahwa Pemkot Tangerang telah melibatkan sejumlah sekolah swasta dalam upaya peningkatan zonasi, dengan menambah jumlah sekolah swasta yang biaya pendidikannya ditanggung oleh pemerintah daerah.

“Tahun ini, untuk sekolah SMP dan MTs swasta total sebanyak 73 sekolah biaya pendidikannya sudah digratiskan. Sementara ditingkat SD atau sederajat, sebanyak 73 sekolah swasta,” terang Wali Kota saat memimpin apel pagi pegawai di Pusat Pemkot Tangerang, Senin (05/06/2023).

Baca juga:  Tangerang Berlakukan Aturan Baru, Buang Sampah Sembarangan Berpotensi Didenda Rp. 50 Juta

Dengan langkah ini, Arief berharap bahwa dengan adanya banyak sekolah swasta yang membebaskan biaya pendidikan, masyarakat tidak perlu lagi khawatir untuk menyekolahkan anak-anaknya di sekolah swasta karena terkendala oleh faktor zonasi di sekolah negeri. Terlebih lagi, langkah ini juga diharapkan dapat memberikan solusi kepada masyarakat yang kurang mampu secara finansial.

Baca juga:  Gelar Aksi Unjuk Rasa di Depan Danau Kenanga, BEM UI Kritisi Transparansi Biaya SPP Hingga Kasus Meninggalnya Akseyna Yang Masih Belum Menemukan Kejelasan

“Sekolah negeri seharusnya menjadi pilihan utama bagi masyarakat yang kurang mampu, sedangkan untuk yang mampu, diharapkan bisa menyekolahkan anak-anaknya di sekolah swasta,” ucapnya.

Arief menegaskan bahwa baik sekolah negeri maupun swasta, kualitas pendidikannya sama baiknya dengan standar kurikulum yang ditetapkan. Hal ini memberikan kepastian kepada masyarakat bahwa pendidikan yang diberikan di kedua jenis sekolah tersebut memiliki kualitas yang setara.

Untuk diketahui, biaya pendidikan dan keperluan sekolah di sekolah swasta yang ditanggung oleh Pemkot Tangerang mencakup uang pangkal, SPP (Sumbangan Pengembangan Pendidikan), biaya ujian dan ulangan, serta iuran praktek, layaknya di sekolah negeri.

Baca juga:  Musorkotlub KONI Tangerang Dibuka, Wakil Walikota Menekankan Peningkatan Pembinaan dan Prestasi untuk Atlet

Dengan adanya langkah ini, Pemkot Tangerang berharap dapat memenuhi kebutuhan pendidikan masyarakat, terutama yang berasal dari keluarga kurang mampu, serta memberikan alternatif bagi orang tua dalam memilih pendidikan terbaik untuk anak-anak mereka. Semoga langkah ini dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan kualitas pendidikan di Tangerang. (Edh)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait