website statistics
30.4 C
Indonesia
Mon, 22 July 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

30.4 C
Indonesia
Monday, 22 July 2024 | 17:13:01 WIB

Peran Luar Biasa Linmas Saat Terjadi Bencana, Simak Selengkapnya!

Reporter: Arifin

Kupang | detikNews – Memasuki hari kedua kegiatan Bimtek Satlinmas tahun 2022, para anggota Satlinmas dari 51 Kelurahan yang ada di kawasan Kota Kupang, mendapatkan pembekalan praktek di Lapangan dari instansi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kupang (27/7/2022).

Materi yang disampaikan oleh BPBD, adalah seputar langkah dan tindakan pada saat menghadapai terjadinya bencana, meliputi sebelum pada saat dan sesudah terjadinya bencana, hal ini merupakan pembekalan yang sangat penting bagi para anggota Linmas di masing-masing Kelurahan, agar mereka senantiasa siap pada saat terjadi bencana.

Baca juga:  Jhoni Antoni Angkat Bicara, Terkait Viralnya Video Diduga Oknum Kepala Unit Pelaksana Teknis Badan (Ka UPTB) Samsat 3 Palembang

Hal ini disampaikan oleh Elsje W.A.Sjioen, S.Sos.,M.Si, selaku Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Kupang.

menurut Kabid, setiap anggota Linmas harus bisa memetakan kelompok rentan, sehingga ketika terjadi bencana dapat segera dievakuasi, sehingga meminimalisir resiko terjadinya korban.

Meliputi para Lansia, Ibu hamil, ibu menyusui dan balita, kelompok inilah yang harus jadi prioritas penyelamatan saat terjadi resiko bencana.
Selanjutnya para anggota linmas, juga diajak praktek secara langsung dengan peralatan BPBD untuk simulasi ketika terjadi bencana, tentang tekhnik mengevakuasi korban.

Baca juga:  Pantai Kampung Melayu Batam Kembali Dikunjungi Wisatawan Meski Masih Terdapat Bekas Limbah Minyak

Sementara itu menurut salah seorang anggota Linmas dari Kelurahan Belo, Cornelis Tuan, mengaku sangat senang mendapatkan pembekalan dan ilmu tentang tata cara dalam evakuasi korban bencana ini.

” Terus terang saya senang dengan pembekalan yang diberikan oleh BPBD ini, pastinya saya akan lebih percaya diri dan lebih siap menghadapi resiko saat terjadi Bencana ” ungkap Cornelis.

Baca juga:  Kodim 0620 Kabupaten Cirebon Selenggarakan KKL Wilhan Pasis Dikreg LXIII Seskoad Tahun 2022

Walaupun dilaksanakan ditengah teriknya matahari, namun para anggota Linmas tetap semangat dalam mengikuti Bimtek hari kedua ini. (Arifin)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait