website statistics
31.4 C
Indonesia
Tue, 23 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

31.4 C
Indonesia
Tuesday, 23 April 2024 | 15:26:46 WIB

Perayaan Lebaran Depok 2023: Pertunjukan Lenong Betawi ASN Panmas Mencuri Perhatian

Depok | detikNews – Gardens At Candi Sawangan, yang terletak di Kecamatan Bojongsari, menjadi saksi dari berbagai keceriaan yang memenuhi event Lebaran Depok 2023. Salah satu sorotan utama adalah pertunjukan teater tradisional khas Betawi yang tak kalah menarik, yaitu Lenong, yang dihadirkan oleh para Lurah dan stakeholder di Kecamatan Pancoran Mas (Panmas).

Tim Lenong dari Kecamatan Panmas terdiri dari Lurah Depok, Herman, Lurah Depok Jaya, Herliana Maharani, Lurah Mampang, Darmawansyah, Lurah Rangkapan Jaya, Ahmad Zaenur, Ketua Warga Peduli AIDS, Rosanah, Pengurus PKK, Lili, dan anggota Karang Taruna (Katar) sebagai pengiring musik. Mereka bersatu dalam upaya menyajikan pertunjukan yang memikat.

Baca juga:  Brantas Abipraya Sukses Capai Target Positif dengan Mengedepankan Nilai AKHLAK

“Hari Raya Idulfitri menjadi tema utama peran kita sebagai keluarga Baba Jali dalam pertunjukan ini. Kami berusaha menyajikan kisah yang menggambarkan persiapan menyambut Lebaran dengan segala kehangatan dan kebersamaan,” ujar Lurah Depok, Herman, Jumat (19/05/2023).

Herman menceritakan bagaimana orang-orang Depok pada zaman dahulu sangat antusias dalam menyiapkan makanan dan membersihkan rumah menyambut kedatangan para tamu saat Idulfitri. Tingkat keguyuban dan silaturahmi yang tinggi merupakan karakteristik yang melekat pada masyarakat Depok.

Baca juga:  Pelaku Asusila Terhadap Ketiga Anak Kandung di Luwu Divonis Penjara Seumur Hidup

“Inti dari cerita ini adalah bahwa keluarga harmonis dapat merayakan Hari Raya Lebaran dengan sederhana namun tetap menghargai keberagaman yang ada. Semua dikemas dengan indah dan kompak,” ungkap Herman.

Sementara itu, Camat Panmas, Zikri Dwi Darmawan menyampaikan bahwa perayaan Lebaran Depok dari tahun ke tahun semakin membaik. Setiap tahunnya, beragam jenis budaya asli Depok semakin tampak dan semakin dikenal oleh masyarakat.

“Orang Betawi sering menyebutnya sebagai printilan-printilan budaya Depok yang semakin banyak terungkap. Saya berharap masyarakat semakin mengenal Depok melalui tradisi dan budayanya yang kaya,” tambah Camat.

Baca juga:  Kebakaran di RS Salak Bogor: Bagian yang Terbakar Merupakan Cagar Budaya Menurut Danrem 061

Dengan adanya pertunjukan Lenong yang spektakuler ini, Lebaran Depok tahun 2023 menjadi momen yang tak terlupakan bagi warga setempat. Masyarakat tidak hanya dapat menikmati kegembiraan Lebaran, tetapi juga memahami dan mengapresiasi kekayaan budaya yang dimiliki oleh Depok. Perayaan ini memberikan peluang bagi masyarakat untuk merajut tali silaturahmi yang kuat dan mempererat persatuan dalam keragaman. (Roni)

 

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait