website statistics
21.4 C
Indonesia
Fri, 29 March 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

21.4 C
Indonesia
Friday, 29 March 2024 | 4:16:15 WIB

Pertamina Showcases Desa Wisata-UMKM Program at ASEAN Summit 2023

Labuan Bajo | detikNews – Pertamina melalui program pemberdayaan masyarakat mengikuti ASEAN Summit 2023 di Labuan Bajo. Kali ini, Pertamina menampilkan profil desa wisatanya melalui pameran HUB ASEAN Summit Rumah BUMN SME di Waterfront yang diprakarsai oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara pada 9-11 Mei 2023.

Fadjar Djoko Santoso, Vice President Corporate Communication Pertamina mengungkapkan, program Desa Wisata Pertamina yang terdiri dari 13 desa wisata telah memberikan banyak manfaat dari sisi ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Masyarakat mampu menghasilkan sekitar 900 produk kerajinan daur ulang yang dijual setiap tahun, menyewakan 794 homestay untuk wisatawan, menjalankan 30 usaha kuliner, dan memiliki 30 pengusaha kerajinan cinderamata.

“Sebanyak 5.500 warga terbukti mampu membangun desanya dan mencapai kemandirian ekonomi hingga Rp 600 juta per lokasi,” kata Fadjar dalam keterangan tertulis, Selasa (9/5/2023).

Baca juga:  Terkait Dana KIP SD Inpres Ulatu, 29 Orang Diperiksa

The 13 Desa Wisata Pertamina locations include Nglanggeran Yogyakarta, Kolak Si Kancil Cilacap Central Java, Wonopotro Eco Edutourism Boyolali Central Java, Permata Hijau Bengkalis Riau, Wringinputih Borobudur Magelang Central Java, and Karangrejo Borobudur Magelang Central Java.

Furthermore, Koto Mesjid Riau, Kampung Kreasi Sidokumpul Gresik East Java, Lerep Kabupaten Semarang Central Java, Labuhan Madura East Java, Cinta Bumi Tanggap Api Jambi Merang, Kebun Raya Bogor West Java, and Puntang Kab Bandung West Java are also part of the Desa Wisata Pertamina program.

Baca juga:  Pertamina Pastikan Kebakaran di Rest Area Cipali Bukan Disebabkan Pipanya

Sebagai bagian dari program Corporate Social Responsibility and Environment (CSRE) di pilar lingkungan dan ekonomi, Pertamina mendorong upskilling dan peningkatan kapasitas pengelolaan pariwisata berbasis masyarakat secara berkelanjutan.

“Dari sisi lingkungan, desa wisata ini mampu mengurangi 4,7 ton sampah per tahun melalui bank sampah, menanam 4.500 pohon dengan konsep modern, memiliki 15 titik biopori untuk resapan air, serta mengoptimalkan dan memaksimalkan lahan kecil seluas 300 meter untuk pertanian,” tambah Fadjar.

Dalam KTT ASEAN di Labuan Bajo, Pertamina tidak hanya memamerkan desa wisatanya tetapi juga memperkenalkan mitra UKM dari Rumah BUMN Lombok Timur di industri kerajinan dan makanan dan minuman untuk dipromosikan di pameran.

Baca juga:  Syarifah Sempat Terobos Ruang Sidang: I Love You Pak Sambo, Aku Ingin Jadi Istrimu

Pertamina berkomitmen untuk berkontribusi pada tujuan ASEAN, terutama dalam pilar pemulihan, pembangunan kembali, dan keberlanjutan.

“Sebagai salah satu BUMN dan perusahaan energi di Indonesia, Pertamina mendukung dan berkontribusi dalam mencapai tujuan ASEAN dan menjadikan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi regional dan global,” pungkas Fadjar.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati juga menegaskan sebagai perusahaan energi nasional, Pertamina akan terus berkontribusi aktif dalam pencapaian tujuan dan prioritas ASEAN pada tahun 2023. Apalagi, sebagai ketua, Indonesia fokus untuk mempromosikan citra ASEAN sebagai kawasan strategis dengan peran penting dalam ekonomi global.

“Mari dukung KTT ASEAN 2023 menuju terciptanya Masyarakat Ekonomi ASEAN yang saling terhubung dan sejahtera,” kata Nicke.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait