website statistics
26.4 C
Indonesia
Mon, 22 July 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

26.4 C
Indonesia
Monday, 22 July 2024 | 19:11:10 WIB

Pesan Kapolda NTT Saat Memimpin Upacara Pemuliaan Nilai-Nilai Luhur Tribrata

Kupang | detikNews – Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT), Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga, S.H., M.A., memimpin upacara pemuliaan nilai-nilai luhur Tribrata dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78.

Upacara ini diadakan pada Kamis, 20 Juni 2024, di lantai 3 Rupatama Mapolda NTT. Acara ini dihadiri oleh Wakapolda NTT, Brigjen Pol. Awi Setiyono, S.I.K., M.Hum., Irwasda Polda NTT, Kombes Pol. I Made Sunarta, M.H., serta para pejabat utama Polda NTT dan perwakilan anggota dari Satker Mapolda NTT.

Baca juga:  Implementasi Dari Sebuah Nilai Toleransi, Ini yang dilakukan Pemuda Pancasila MPW NTT

Kegiatan dimulai dengan menyanyikan lagu Mars Polri. Setelah itu, Pataka Polda NTT Catya Turangga Wirasakti memasuki tempat upacara. Kapolda NTT kemudian melakukan pencucian Pataka Catya Turangga Wirasakti, sebuah tradisi yang dilakukan Polda NTT untuk menyambut Hari Bhayangkara ke-78 pada tanggal 1 Juli 2024.

Upacara Pemuliaan Nilai-Nilai Luhur Tribrata merupakan tradisi wajib bagi Polri. Pencucian panji-panji ini melambangkan pensucian dan pembersihan diri. Ini adalah pedoman bagi setiap anggota Polri untuk tetap teguh memegang kebenaran, melaksanakan tugas pokok, melindungi, mengayomi, melayani, dan menegakkan hukum serta mengabdi kepada masyarakat, bangsa, dan negara.

Baca juga:  Eksotik Nya Sabu dari Rayon VII, Warnai Peringatan Isa Al Masih di GSM Tabun

Kapolda NTT, Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga, menyampaikan bahwa upacara ini memiliki makna penting bagi institusi Polri. “Upacara ini mengandung makna bahwa kita, sebagai anggota Polri, harus memaknai nilai-nilai yang harus kita jaga. Salah satunya adalah menjaga nilai luhur dari lambang Tribrata yang dideskripsikan untuk tingkat Polda menjadi lambang-lambang Polda,” ujarnya.

Baca juga:  Ciptakan Situasi Aman Sholat Idul Adha, Personel MPW PP NTT Jaga Masjid Darul Hijrah

Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga juga mengingatkan seluruh anggotanya untuk selalu menjaga nama baik institusi Polri. “Jaga nama baik institusi dan lakukan tugas sebaik-baiknya dengan tetap berpedoman pada Tribrata,” pungkasnya.

Upacara ini menjadi momen penting untuk introspeksi dan perenungan bagi seluruh anggota Korps Bhayangkara dalam menjalankan tugasnya. Melalui upacara ini, Polri menunjukkan komitmen kuat untuk terus menjaga integritas dan menjalankan tugas dengan dedikasi tinggi demi kesejahteraan masyarakat, bangsa, dan negara. (Arifin)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait