website statistics
27.4 C
Indonesia
Thu, 25 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

27.4 C
Indonesia
Thursday, 25 April 2024 | 17:44:35 WIB

Pesan Kolaboratif Bunda Elly: Bersama Menangani TBC Demi Kesehatan yang Lebih Baik

Depok | detikNews – Ketua Forum Kota Sehat (FKS) Kota Depok, Elly Farida, menegaskan pentingnya penanganan Tuberkulosis (TBC) secara bersama-sama dalam rangka memperingati Hari Tuberkulosis Sedunia (HTBS) Tahun 2023 pada tanggal 24 Maret. Menurutnya, pemerintah tidak bisa berjalan sendiri tanpa dukungan dari masyarakat, termasuk juga komunitas dan lembaga-lembaga kemitraan yang ada di Pemkot Depok.

Bunda Elly, sapaannya, menekankan bahwa penanganan TBC memerlukan keseriusan, kesungguhan, dan disiplin. Dia juga menambahkan bahwa TBC dapat disembuhkan selama orang yang terkena melakukan pengobatan dengan rutin.

Baca juga:  Tingginya Antusiasme Pemeriksaan Pap Smear dan IVA di Depok

“Namun, jika masyarakat tidak disiplin dalam mengonsumsi obat dan tidak melakukan pengobatan secara rutin, hal ini akan memperparah kondisi dan membuat jumlah penderita TBC semakin banyak,” tuturnya, Jumat (24/03/2023)

Selain itu, Bunda Elly juga menjelaskan tentang empat fungsi kader Perkumpulan Pemberantasan Tuberkulosis Indonesia (PPTI) ketika menemukan terduga TBC. Pertama, kader harus segera memberikan informasi kepada masyarakat bahwa pemeriksaan dan penanganan TBC dapat dilakukan di tingkat Puskesmas dan klinik swasta.

Baca juga:  Supian Suri Ajak Warga Jaga Kebersamaan dalam Acara Open House Idul Fitri 1445 H

Kedua, kader harus menyarankan agar masyarakat yang terduga TBC untuk memeriksakan diri ke layanan kesehatan, baik ke Puskesmas maupun klinik swasta. Ketiga, kader harus melaporkan orang yang terduga TBC di wilayahnya kepada petugas agar dapat memutus mata rantai penyebaran TBC.

Terakhir, jika kader menemukan pasien TBC, kader harus segera melakukan investigasi terhadap kontak serumah dan yang sering kontak erat dengan pasien TBC.

Baca juga:  Kebiasaan Makan dan Minum yang Harus Dihindari untuk Menghindari Perut Buncit

“Kader juga harus memastikan bahwa pasien memiliki Petugas Menelan Obat (PMO) dan mencarikan PMO yang disetujui oleh pasien dan petugas kesehatan jika pasien belum memiliki PMO,” ujarnya.

Dengan melakukan tindakan-tindakan tersebut secara bersama-sama, diharapkan penanganan TBC dapat lebih efektif dan terhindar dari semakin merebaknya jumlah penderita TBC. Oleh karena itu, mari kita dukung upaya-upaya penanganan TBC dengan melakukan pemeriksaan secara rutin dan mematuhi anjuran pengobatan dari petugas kesehatan. (Emy)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait