website statistics
23.4 C
Indonesia
Mon, 24 June 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Monday, 24 June 2024 | 22:53:48 WIB

Pie Susu: Kelezatan Manis dari Bali yang Memikat Lidah

Depok | detikNews – Pie Susu adalah makanan penutup yang populer dan menggoda asal Bali, Indonesia. Dengan tekstur lembut, rasa manis yang lezat, dan aroma khas, pie susu telah memikat hati banyak pecinta kuliner di seluruh dunia. Artikel ini akan membahas sejarah pie susu, bahan-bahan yang digunakan, proses pembuatan, dan kenikmatan yang dapat dirasakan saat menikmati sepotong pie susu yang sempurna.

  1. Sejarah Pie Susu: Pie Susu pertama kali diperkenalkan di Bali pada tahun 1992 oleh Ibu Rara, seorang ibu rumah tangga yang tinggal di Denpasar. Ia menciptakan resep pie susu dengan bahan-bahan sederhana seperti susu, telur, gula, dan tepung, dan berhasil menciptakan makanan penutup yang lezat dan menggugah selera. Pie Susu kemudian menjadi populer di kalangan penduduk lokal dan pariwisata di Bali, dan seiring waktu, pie susu menjadi ikon kuliner pulau ini.
  2. Bahan-bahan Pie Susu: Pie Susu terbuat dari bahan-bahan yang sederhana dan mudah didapatkan. Beberapa bahan yang biasa digunakan adalah:
  • Susu segar: Susu merupakan bahan utama dalam pie susu, memberikan kelembutan dan kekayaan rasa pada makanan ini.
  • Telur: Telur berperan sebagai pengikat dan memberikan kekentalan pada adonan pie susu.
  • Gula: Gula memberikan rasa manis yang khas pada pie susu.
  • Tepung terigu: Tepung terigu digunakan sebagai pengental adonan pie susu.
  1. Proses Pembuatan: Proses pembuatan pie susu relatif sederhana, namun membutuhkan ketelatenan dan keahlian dalam mencapai tekstur dan rasa yang sempurna. Berikut adalah tahapan pembuatan pie susu:
  • Pertama, campurkan susu, telur, gula, dan tepung terigu dalam wadah.
  • Aduk rata hingga adonan menjadi kental dan tidak bergerindil.
  • Tuangkan adonan ke dalam cetakan pie susu yang telah dilapisi dengan kulit pastry yang tipis.
  • Panggang dalam oven dengan suhu yang tepat hingga pie susu matang dan permukaannya berwarna keemasan.
  • Dinginkan pie susu sejenak sebelum dihidangkan.
  1. Kenikmatan Pie Susu: Pie Susu adalah hidangan penutup yang sempurna untuk dinikmati setelah makan atau sebagai camilan ringan di tengah hari. Kelezatan pie susu terletak pada paduan rasa manis dan kelembutan teksturnya. Ketika Anda menggigit sepotong pie susu, kulit pastry yang renyah menyatu dengan lapisan filling yang lembut dan beraroma susu. Sensasi manis yang terasa di lidah akan memanjakan indera pengecap Anda dan membuat Anda ingin mencicipi lagi dan lagi.
  2. Pie Susu sebagai Oleh-oleh: Pie Susu juga merupakan oleh-oleh khas Bali yang populer di kalangan wisatawan. Ketika berkunjung ke Bali, Anda dapat menemukan berbagai toko dan penjual kue yang menjual pie susu dalam berbagai ukuran dan varian rasa, seperti cokelat, keju, atau pandan. Oleh-oleh pie susu dapat menjadi kenang-kenangan yang sempurna untuk dibagikan kepada keluarga dan teman.
Baca juga:  Nikmatnya Kolak Biji Salak, Manisnya Cita Rasa Lezat dari Indonesia

Pie Susu adalah makanan penutup yang lezat dan menggoda asal Bali, Indonesia. Dengan sejarahnya yang menarik, bahan-bahan sederhana, proses pembuatan yang mudah, serta kenikmatan yang tak terlupakan saat memakannya, pie susu telah menjadi salah satu ikon kuliner Bali yang tidak boleh dilewatkan. Jadi, saat Anda berada di Bali, pastikan untuk mencicipi pie susu dan membawa pulang beberapa oleh-oleh untuk menikmatinya lagi di rumah.

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait