website statistics
23.4 C
Indonesia
Sun, 21 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Sunday, 21 April 2024 | 3:04:22 WIB

PKBM Sanggar 21 Pemalang Ajak Masyarakat untuk Bangun dan Sadar Pentingnya Akan Pendidikan

Pemalang |  detikNews – PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) merupakan lembaga pendidikan non formal yang memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mencapai pendidikan setara dengan pendidikan formal.

Salah satu tujuan PKBM adalah untuk membantu masyarakat yang putus sekolah agar kembali bersekolah dan meningkatkan pendidikan mereka.

“Kami dari tim PKBM Sanggar 21 yang berlokasi di Jalan Raya Jojogan SD Kampus RT 11/RW 03 Sidomulyo Jojogan Watukumpul – Pemalang, telah melakukan beberapa langkah yang dilakukan dalam mengembalikan masyarakat agar kembali bersekolah,” ujar Andy Wisnu Saputra selaku Kepala PKBM Sanggar 21 Watukumpul di Kantornya, Senin (4/03/2024).

Andy WS menyampaikan bahwa dengan menyediakan program pendidikan yang fleksibel dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, seperti kesetaraan pendidikan, kursus keterampilan, dan mulai pelatihan dari tingkat dasar hingga menengah, tentu dengan beberapa konsentrasi kegiatan tersebut agar dapat menarik minat masyarakat Kecamatan Watukumpul dalam membangun kesadaran arti pentingnya Pendidikan.

Baca juga:  Konsisten Berikan Kepedulian Terhadap Warga, WPSP Kembali Gelar Aksi Bagikan Nasi Kotak Dalam Giat Rutin Jum'at Berkah

“Kami juga melakukan sosialisasi dan kampanye tentang pentingnya pendidikan bagi kemajuan individu dan masyarakat, karena apapun itu, kami sangat menyepakati dan menyetujui langkah-langkah Pemerintah Kabupaten Pemalang untuk menyelesaikan permasalahan Anak Tidak Sekolah (ATS) dan Anak Putus Sekolah (APS) agar bisa kembali bersemangat melanjutkan Pendidikannya sampai dengan jenjang Pendidikan dasar 12 Tahun atau bisa lulus berijazah SLTA sederajat” tegas Andy WS.

“Sebab kita patut prihatin bahwa angka Sekolah di Kabupaten Pemalang hingga hari ini hanya berkisar pada poin 6,5, artinya Pendidikan rata-rata masyarakat kabupaten Pemalang hanya lulus SD ditambah satu semester bersekolah di SMP” sambung Andy WS.

Baca juga:  Alumni SMA Plus Negeri 17 Palembang Gelar Reuni di HUT Perak

Maka demikian kami dari PKBM Sanggar 21 juga turut menyediakan fasilitas dan sarana pendidikan yang memadai, termasuk ruang belajar, buku-buku pelajaran, modul dan peralatan pembelajaran lainnya.

Pada beberapa kesempatan bantuan kami juga mengadakan program beasiswa atau keuangan bagi masyarakat yang kesulitan untuk membayar biaya pendidikan, padahal hal tersebut ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi sesuai dengan kewajiban administrasi yang menjadi persyaratannya.

“Kami berharap keterlibatan masyarakat Kecamatan Watukumpul secara luas dalam kegiatan pendidikan di PKBM Sanggar 21, seperti pelatihan oleh para relawan dan kerjasama dengan pihak terkait dari mulai komunitas masyarakat, penggiat Pendidikan bahkan Media di lingkungan sekitar Kecamatan Watukumpul,” tuturnya.

Baca juga:  Faiz Sang Pahlawan Malam di Perlintasan Kereta Api Tanpa Palang Pintu di Desa Widodaren

Dengan berbagai upaya tersebut, PKBM Sanggar 21 diharapkan dapat membantu masyarakat yang putus sekolah agar kembali bersekolah dan meningkatkan taraf pendidikan mereka, agar kedepannya dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, meningkatkan kesejahteraan, dan berkontribusi positif bagi pembangunan Daerah dan Negara.

Dan tidak berhenti sampai disitu, bila secara signifikan PKBM seluruh kabupaten Pemalang berkomitmen dan juga bersama sama dalam mendukung program “Njuh Sekolah Maning” bukan tidak mungkin, indikator penambahan nilai positif Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Pemalang akan melemah bergerak naik, pungkas Andy WS . (Eko B)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait