website statistics
22.4 C
Indonesia
Fri, 26 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Friday, 26 April 2024 | 4:16:23 WIB

PKS DKI Jakarta Bersikeras Menolak Partisipasi Timnas Israel di Piala Dunia U-20 di Indonesia

Jakarta | detikNews – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DKI Jakarta menolak kehadiran tim nasional sepak bola Israel di Indonesia untuk Piala Dunia FIFA U-20. Mereka mendukung usulan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan ormas Islam lainnya untuk meminta tim U-20 Israel bermain di luar Indonesia.

“Ini sebagai upaya menjaga kekuatan konstitusi kita, menolak negara penjajah hadir dalam bentuk apapun di Indonesia”, kata Khoirudin, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPW) PKS DKI Jakarta dalam keterangannya, Sabtu 25/3/2023.

Khoirudin menyatakan, membiarkan timnas Israel masuk ke Indonesia dapat mengancam konstitusi dan melegitimasi penerimaan negara penjajah ke dalam wilayah NKRI.

Baca juga:  Desa Sukajaya Selenggarakan Turnamen Sepakbola Sukajaya CUP 

“Jangan sampai ada ruang untuk penerimaan penjajah di tanah air kita tercinta”, tegasnya.

Menurutnya, jika Indonesia mengizinkan timnas Israel berlaga di Indonesia, akan membuat Indonesia terlihat lemah di mata dunia, khususnya dunia Muslim.

“Jadi, jangan sampai terlihat lemah dan membiarkan penjajah datang ke Indonesia”, imbuhnya.

Sebelumnya, penolakan kedatangan tim Israel U-20 ke Indonesia datang dari berbagai pihak, antara lain PKS dan MUI, serta beberapa politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan beberapa kepala daerah yang akan menjadi tuan rumah U-20. Piala Dunia, khususnya di Jawa Tengah dan Bali.

Kementrian Luar Negeri Indonesia menanggapi protes terhadap keikutsertaan Israel dalam FIFA U-20 World Cup di Indonesia. Jakarta menjamin keterlibatan wakil Tel Aviv dalam perhelatan sepak bola ini tidak akan mengubah posisi politik Indonesia terhadap Palestina.

Baca juga:  BSI Flash 2023: Wakil Wali Kota Depok Dorong Pembinaan Sportifitas dan Keterampilan dalam Lomba Bola Voli SMA

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah, pada Kamis 16 Maret 2023 mengatakan, bahwa aturan turnamen diatur oleh federasi sepak bola dunia atau FIFA.

“Sebagai negara demokrasi, keragaman pandangan atau wacana tentang isu-isu di masyarakat tidak bisa dihindari”, ujar Faizasyah terkait penolakan keikutsertaan Israel.

Piala Dunia U-20 2023 akan digelar di Indonesia mulai 20 Mei hingga 11 Juni. Timnas Israel U-20 lolos ke ajang tersebut setelah menjadi finalis UEFA European U-19 Championship 2022.

Baca juga:  Timnas Indonesia U-17 Berhasil Menekuk UEA U-17 Kualifikasi Piala Asia Dengan Skor 3-2

Masuknya Israel ke putaran final Piala Dunia U-20 tidak diterima dengan baik oleh sebagian masyarakat Indonesia. Selain partai politik Islam, organisasi dan lembaga kemasyarakatan, seperti Muhammadiyah, Majelis Ulama Indonesia, dan Medical Emergency Rescue Committee (Mer-C), juga menyuarakan penolakannya.

“Kalau bendera Israel dikibarkan di Indonesia mengecewakan”, Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri MUI Sudarnoto Abdul Hakim, Kamis 9/3/2023.

Sebanyak 24 tim akan memperebutkan trofi juara, termasuk Indonesia. Selain Israel, negara-negara dengan tradisi sepakbola yang kuat, seperti Brasil, Inggris, Prancis.(Nawi)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait