website statistics
24.4 C
Indonesia
Thu, 25 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

24.4 C
Indonesia
Thursday, 25 April 2024 | 8:14:53 WIB

PLN Dukung UMKM Dengan Energi Ramah Lingkungan, Menteri ESDM Beri Apresiasi

Jakarta | detikNews – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengapresiasi inisiatif PLN mendukung UMKM dengan energi yang ramah lingkungan yakni kendaraan listrik. Apresiasi tersebut diberikannya saat event Electric Vehicle (EV) FUNDAY, Minggu, 18/12/2022.

Dalam event tersebut PLN (Persero) menghadirkan lima Gerobak Motor Listrik Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) guna mendukung pemerintah dalam percepatan ekosistem kendaraan listrik di tanah air.

“Bagus ini, bisa terus dikembangkan”, ucap Arifin saat mengunjungi gerobak listrik UMKM bersama Ketua DPR RI, Puan Maharani dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Baca juga:  Ayah Brigadir J Samuel Hutabarat Tak Tega Istri Ferdy Sambo Tersangka, Almarhum Anaknya Selalu Cerita Kebaikan Bu Putri

Direktur Retail dan Niaga PLN, Edi Srimulyanti mengatakan percepatan kendaraan listrik penting untuk mewujudkan Jakarta dan Indonesia yang bebas polusi. Edi sendiri telah dua kali mengikuti konvoi EV FUNDAY di Bandung dan Jakarta.

“Saya merasakan sendiri, asap dan polusi dari kendaraan bermotor konvensional saat macet di depan saya. Percepatan penggunaan kendaraan listrik penting dilakukan untuk mewujudkan Jakarta dan Indonesia bebas polusi”, kata Edi.

Sementara, General Manager PLN UID Jakarta Raya, Doddy B Pangaribuan mengatakan, penggunaan kendaraan listrik, dalam hal ini gerobak motor listrik dapat memberikan keuntungan bagi UMKM, karena secara operasional lebih hemat dibandingkan kendaraan yang menggunakan BBM.

Baca juga:  Intensifkan Teknologi Smart Water Management, Jasa Tirta II Menambahkan Lokasi Pemasangan AWLR di 15 Titik Wilayah

“Biaya operasional motor listrik bisa hemat 1/3 dari motor konvensional yang menggunakan bahan bakar fosil. Jadi sangat irit dan menguntungkan, apalagi untuk UMKM”, pungkasnya.

Hingga saat ini, ada 77 Gerobak Motor Listrik yang tersebar untuk UMKM mitra binaan PLN di seluruh Indonesia, di Jakarta sendiri ada 12 Gerobak Motor Listrik. Selain untuk berdagang, PLN juga sedang mengembangkan Gerobak Motor Listrik untuk angkutan sampah.

‘EV FUNDAY’ diselenggarakan oleh Kementerian ESDM di Plaza Timur GBK tersebut, sebagai bentuk dukungan dan sosialisasi terhadap dikeluarkannya Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 65 Tahun 2020 tentang Konversi Sepeda Motor dengan Penggerak Motor Bakar Menjadi Sepeda Motor Listrik Berbasis Baterai. Acara ini merupakan ajang untuk memperkenalkan sekaligus mengajak masyarakat menggunakan kendaraan listrik.

Baca juga:  Tragis! Wanita di Sultra Bunuh Suami, Kemudian Tewas Setelah Meminum Racun

 

Dalam kegiatan itu Gerobak Motor Listrik UMKM turut menyemarakkan dengan menjual berbagai makanan minuman mulai dari dimsum, bakso, jus buah, dan lain sebagainya. Aneka jajanan dan makanan tersebut tersedia gratis untuk pengunjung dan peserta konvoi motor listrik.(Emy)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait