website statistics
22.4 C
Indonesia
Thu, 28 March 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Thursday, 28 March 2024 | 17:58:08 WIB

PLN Tanggap Cepat dalam Memulihkan Kelistrikan Setelah Kebakaran di Plumpang

Jakarta Utara | detiknews – Setelah kebakaran yang terjadi di Depo Plumpang, Jakarta Utara beberapa hari lalu, PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Barat (UIT JBB) segera melakukan pemulihan pada sistem kelistrikan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Plumpang – Pegangsaan.

Laporan kebakaran pertama kali diterima oleh Command Center Badan Penanggulangan Kebakaran dan Keselamatan pada pukul 20.11 WIB, dan kebakaran tersebut menyebabkan beberapa material SUTT mengalami kerusakan, sehingga menyebabkan gangguan pada sistem transmisi.

Baca juga:  WFH Kota Depok, Langkah Preventif Wali Kota Menghadapi Kualitas Udara

Setelah api berhasil dipadamkan dan petugas pemadam kebakaran melakukan pendinginan, petugas PLN segera melakukan pengecekan dengan memanjat tower guna memastikan kondisi fisik peralatan. Pembersihan dilakukan tepat setelah insiden kebakaran terjadi.

“Para petugas lapangan dengan cepat melakukan inspeksi kepada tower SUTT yang berada pada lokasi kebakaran. Mereka memeriksa keseluruhan kondisi tower, konduktor, dan isolator. Petugas PLN memanjat hingga ujung tower dan melakukan pengamatan visual serta pembersihan selama 3 jam untuk memastikan agar infrastruktur PLN aman, ” ujar General Manager PLN UIT JBB, Erwin Ansori, Rabu, 08/03/2023.

Baca juga:  Canangkan Resolusi Tahun 2023, Pemkab Magetan Fokus Perbaiki Infrastruktur

Hasil inspeksi menunjukkan terdapat gangguan penghantar yang tidak berdampak langsung kepada pelanggan. Menurut data rekaman gangguan (fault recorder) milik PLN, hal tersebut dikarenakan pada sisi isolator ditemukan jelaga minyak akibat dari kebakaran tersebut. PLN UIT JBB mengerahkan tak kurang dari 50 personel untuk melakukan pembersihan dan pemulihan demi penormalan yang lebih cepat.

Baca juga:  Mendorong Peningkatan Kerja Sama Bilateral antara Indonesia dan Iran: Inisiatif dari Ketua MPR RI

Erwin Ansori, menutup pernyataannya dengan mengatakan bahwa mereka akan terus memastikan agar infrastruktur PLN tetap aman dan stabil. (Emy)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait