website statistics
21.4 C
Indonesia
Fri, 19 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

21.4 C
Indonesia
Friday, 19 April 2024 | 3:23:02 WIB

Polda Metro Jaya Menghimbau Warga Tidak Gelar Takbir Keliling Pada Malam Idul Adha

Reporter: Sawijan

Jakarta | detikNews – Himbauan Polda Metro Jaya kepada masyarakat yang berada di Jakarta dan daerah sekitarnya untuk tidak melakukan takbir keliling di jalanan tepatnya pada malam takbiran.

“Dengan situasi saat ini, tentunya yang masih pandemi, memang kita diharapkan untuk tidak melakukan berkerumun, perkumpulan-perkumpulan,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya (Kombes) Komisaris Besar Endra Zulpan kepada wartawan, pada Jum’at (8/7/2022).

Baca juga:  Kasus Pencemaran Nama Baik: Luhut Binsar Pandjaitan Kecewa dan Geleng Kepala Terhadap Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanty di Video YouTube

Himbauan juga disampaikan Zulpan lantaran kegiatan takbir keliling dinilai dapat membahayakan keselamatan masyarakat.

Mengingat pada saat ini Indonesia tengah dilanda penyebaran subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 yang sempat membuat peningkatan kasus laju harian Covid-19.

“Mengingat pada saat malam takbir yang lalu juga juga, seperti itu imbauannya kepada masyarakat. Karena bisa berpotensi menjadikan bertambahnya kasus Covid-19 yang ada,” katanya.

Baca juga:  Kementerian PUPR Menargetkan Penyelesaian Proyek Pelebaran Jalan Merak pada Akhir Maret

Meskipun demikian, Zulpan belum menjelaskan apakah mau dilakukan upaya filterisasi atau penyekatan guna mencegah takbir keliling pada malam Idul Adha. Ia hanya menyebut bahwa masyarakat diimbau tak menggelar takbir keliling.

“Saat ini di DKI dan (Jabotabek) Jakarta, Bogor, Tanggerang, Bekasi dinyatakan PPKM Level 1 sesuai Inmendagri. Tentu kita mengikuti bagaimana protokol kesehatan terkait dengan penerapan PPKM Level 1 ini,” pungkasnya.

Baca juga:  Berhasil Ungkap Penembakan Istri Tentara KASAD Jenderal Dudung Abdurachman Apresiasi Tim Gabungan TNI-Polri

Pemerintah melalui Kementerian Agama telah menetapkan Hari Raya Iduladha jatuh pada Hari Minggu 10 Juli 2022.

Keputusan Tersebut diambil berdasarkan hasil sidang Isbat penentuan awal bulan Zulhijah 1443 H yang dipimpin langsung Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi, Pada Hari Rabu (29/4) malam. (sw)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait