website statistics
22.4 C
Indonesia
Tue, 16 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Tuesday, 16 April 2024 | 20:37:32 WIB

Polemik Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Guru SMK Cirebon : Partai Golkar Bela Ridwan Kamil Terkait Penggunaan Baju Kuning

Bandung | detikNews – Perdebatan antara Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan seorang Guru SMK di Cirebon, M Sabil, terus menjadi sorotan publik. Golkar, sebagai partai politik yang mendukung Ridwan Kamil, juga turut membela mantan Mahasiswa Master of Urban Design University of California yang terlibat dalam polemik ini.

Sebelumnya, Sabil dipecat setelah mengomentari unggahan di Instagram Ridwan Kamil dengan kata ‘Maneh’ yang ditujukan untuk menanyakan kapasitas Gubernur Jawa Barat dalam mengenakan seragam kuning ketika berbicara dengan siswa SMP Tasikmalaya secara daring.

Sekretaris DPD Partai Golkar Jabar, MQ Iswara, membela Ridwan Kamil yang mengenakan jaket kuning dalam agenda sekolahnya. Menurut Iswara, Ridwan Kamil tidak menunjukkan atribut atau logo partai politik apa pun dalam kegiatan tersebut. Oleh karena itu, menurutnya, tidak ada yang salah dengan pakaian yang dikenakan oleh Gubernur.

Baca juga:  Penyelesaian Masalah KRL Patah Bumper di Stasiun Duri, Jakarta Barat

“Apalah artinya sebuah warna, banyak orang memakai baju putih, biru, apakah dikaitkan dengan partai tertentu, kan tidak juga. Saya pikir terlalu jauh kalau kemudian Pak Gubernur memakai baju warna kuning malah dikonotasikan ke salah satu partai tertentu. Agak aneh juga jadinya”, Iswara, Jum’at 17/3/2023.

Iswara juga menambahkan, bahwa terlalu jauh jika mengaitkan warna kuning dengan partai tertentu. Sebab, banyak orang menggunakan baju dengan warna yang berbeda, seperti putih atau biru, tanpa harus dikaitkan dengan partai politik tertentu. Iswara berpendapat bahwa menggunakan baju warna kuning tanpa atribut atau logo partai politik apa pun adalah hal yang wajar.

Baca juga:  Kekayaan Alam Gunung Salak Jadi Sorotan Ketua PWRI Bogor Raya

Iswara juga menekankan, bahwa Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sering kali mengenakan baju dengan warna yang berbeda, seperti biru atau putih, sesuai dengan selera dan suasana hati. Oleh karena itu, menurutnya, tidak ada yang salah dengan Gubernur mengenakan baju warna kuning dalam suatu kegiatan formal tanpa atribut partai politik.

“Terkait dengan warna, Kang Emil kan sering memakai warna yang lain, biru, putih misalnya. Makanya agak aneh juga sekarang ketika memakai baju warna kuning tanpa logo, tanpa ada apapun, kemudian ada yang mempersalahkan. Sejauh itu warna bajunya saja, enggak ada logo atau apapun, kan secara formal tidak ada aturan yang melarang itu. Itu kan hal biasa”, tandasnya.

Baca juga:  Kontroversi Pilkades Desa Lubuk Pauh: Panitia Diduga Tidak Netral dan Ditemukan Pemilih Fiktif

Secara keseluruhan, Iswara berpendapat bahwa kontroversi ini terlalu dibesar – besarkan dan seharusnya tidak dijadikan isu yang terlalu serius. Ia juga menegaskan bahwa tidak ada aturan formal yang melarang penggunaan baju dengan warna kuning dalam kegiatan formal tanpa atribut atau logo partai politik apa pun.(Roni)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait