28.4 C
Indonesia
Sab, 3 Desember 2022
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

28.4 C
Indonesia
Sabtu, 3 Desember 2022 | 11:54:33 WIB

Polisi Mengungkap Motif Pemilik Akun @Rakyatjelata_98 Unggah Video Irjen Fadil dan Ferdy Sambo Karena Ekonomi

Reporter: Sawijan

Jakarta | detikNews.co.id – Polisi mengungkap pria berinisial AH membuat konten video hoaks terkait Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran serta Kadiv Propam Polri nonaktif Irjen Ferdy Sambo karena motif ekonomi.

Diketahui, konten berisi narasi hoaks itu dibuat oleh tersangka AH dan diunggah ke akun snack video @rakyatjelata_98.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan dalam konferensi pers, pada Kamis (28/7). mengungkapkan,Karena motif ekonomi, di mana tersangka ini setiap upload video postingan akan mendapatkan uang dari snack video.

Berapa keuntungan yang diraup tersangka dari pembuatan dan penyebaran video hoaks tersebut belum di ketahi keuntungannya.

Pemilik akun @rakyatjelata_98 ditangkap soal Video Fadil Imran & Ferdy Sambo.
Namun, Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Auliansyah Lubis menyebut bahwa semakin banyak video itu ditonton, maka pundi-pundi yang diperoleh tersangka pun makin besar.

Baca juga:  Resahkan Warga Sekitar, Satu Pasangan Muda Mudi Diduga Mesum Akhirnya di Serahkan Polsek Lubek

“Minimal itu Rp50.000 – Rp100.000 kalau ada orang nonton, mungkin satu orang nonton. Jadi makin banyak orang nonton, semakin banyak dia mendapatkan keuntungan tersebut,” ucap Auliansyah.

Sebelumnya, polisi menangkap karena membuat dan menyebarkan konten video yang berisi narasi hoaks soal Irjen Fadil Imran serta Irjen Ferdy Sambo. Video itu diunggah dalam akun snack video @rakyatjelata_98.

Berdasarkan pemeriksaan, AH mengaku bahwa narasi dalam video yang dibuatnya bersumber dari akun Twitter dan channel Telegram Opposite6890.

Baca juga:  Tabrakan antar Sesama Sepeda Motor, Pengemudi Membawa Balita Tercebur ke Sungai Cimandiri

“Kemudian tersangka edit dengan ditambahkan redaksi suara oleh tersangka menggunakan aplikasi tertentu selanjutnya diunggah di akun snack video @rakyatjelata_98,” Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan dalam konferensi pers, pada Kamis (28/7).

Dalam video yang diperoleh, tersangka membuat konten video yang membahas soal pengungkapan kasus narkoba oleh Polresta Bandara Soekarno-Hatta pada akhir tahun 2021.

Kombes Edwin Harianja yang kala itu menjabat sebagai Kapolresta Bandara Soetta disebut sebagai anak kesayangan Irjen Ferdy Sambo sehingga kasus narkoba itu dihentikan penyidikannya.

Masih dalam narasi video itu, Polda Metro Jaya juga disebut menutupi dugaan pelanggaran disiplin yang dilakukan oleh Edwin selaku Kapolres

Baca juga:  KPT Banda Aceh Lantik KPN Jantho, KPN Meureudu, dan KPN Bireun

Padahal, Kasat Narkoba Polresta Bandara Soetta AKP Nasrandy dan sembilan anggotanya dicopot dan diperiksa buntut dugaan pelanggaran disiplin dalam kasus narkoba tersebut.

Disebutkan bahwa kasus Edwin itu disenyapkan sebab yang bersangkutan merupakan anak kesayangan dari Ferdy Sambo.

“Kombes Pol Edwin Harianja dicopot dari jabatannya sebagai Kapolres Bandara Soekarno-Hatta. Lalu uangnya Rp40 miliar diberikan untuk Fadil Imran sebagi Kapolda Metro karena merasa dilangkahi dan Rp10 miliar untuk Kapolres Bandara Soetta.

Bagaimana nasib institusi Polri jika perwiranya menjadi bekingan kartel narkoba? Copot kapolda Fadil Imran sebelum terlambat,” demikian narasi dalam video tersebut. (sw)

Komentar

-Iklan Pembuatan Website Berita-spot_img

Berita Terpopuler

Sitialimah Aceh Meminta Perlindungan Hukum di Polres Nias

Nias, Gerbang Indonesia - Terjadi pengancaman atas diri Sitialimah Aceh yang dilakukan oleh sekelompok oknum keluarga TBN LS bersama dangan kawan-kawannya pada hari Sabtu...

Saat Perbaiki Mesin, Kernet Truk Ditabrak di Tol Jakarta Tangerang

Reporter: Sawijan Jakarta | detikNews.co.id - Disaat memperbaiki truknya yang mogok kernet truk berinisial HDR meninggal dunia di Jalan Tol Jakarta-Tangerang Km 04.300 pada Selasa...

Pj Walikota Dukung Komitmen Akreditasi RSUD Kumpulan Pane

Reporter: J. Saragih Tebing Tinggi| detikNews - Pemerintah Kota bersama jajaran UPTD RSUD dr H. Kumpulan Pane Tebing Tinggi mendeklarasikan komitmen Akreditasi demi upaya mewujutkan...

Riswanto Tukang Becak, Kini Jadi Juragan Buah

Pemalang | detikNews - Adalah Riswanto seorang lelaki berusia 30 tahun, warga Kaligelang, Kecamatan Taman, Pemalang Jawa Tengah. Seorang yang mengalami pasang surutnya kehidupan,...

Penganiaya Ibu Rumah Tangga di Tarutung, berhasil Diringkus Sat Reskrim Polres Taput

Tapanuli Utara, Gerbang Indonesia - Setelah lima hari melarikan diri, tersangka penganiaya seorang ibu rumah tangga atas nama korban Stevy Simanjuntak ( 30 )...

Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga di Desa Bontonyeleng

Reporter: Wahyudi Bulukumba | Gerbang Indonesia - Hujan deras disertai angin kencang menerjang beberapa titik di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel), Tak terkecuali di Desa...
-Iklan Pembuatan Website Berita-spot_img
Berita terbaru
Berita Terkait