21.4 C
Indonesia
Jum, 2 Desember 2022
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

21.4 C
Indonesia
Jumat, 2 Desember 2022 | 5:22:15 WIB

Presiden Genpro Jadi Pembicara Diprogram WUB Pemkot Depok

Depok | detikNews – Presiden Global Entrepreneur Profesional (Genpro) Kota Depok Setiyo Sudiyono, sangat mengapresiasi program Wirausaha Baru (WUB) yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok. Hal itu dikatakannya usai giat pelatihan manajemen bisnis di Gedung Balai Latihan Koperasi (Balatkop) Depok, Jalan Bahagia Raya, Kelurahan Abadijaya Kecamatan Sukmajaya Kota Depok, Kamis (10/11).

Menurut Setyo, yang juga selaku Narasumber pelatihan kegiatan tersebut mengatakan, bahwa Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan pondasi ekonominya bangsa Indonesia, dengan adanya kegiatan ini sangat bermanfaat untuk para pelaku-pelaku UMKM.

“Dengan adanya giat ini sangat bermanfaat sekali untuk para pelaku UMKM, mereka akan menjadi lebih pintar, cerdas, dan lebih mempunyai ilmu lagi bagaimana untuk bisnisnya itu menjadi lebih kreatif,mandiri dan sukses”, ujarnya.

Baca juga:  Serahkan Bantuan Kepada Korban Musibah Kebakaran, Simak Berikut yang disampaikan Ketua II K2S Kota Kupang

Kemudian, lanjut Setyo, bagaimana menciptakan UMKM ini bisa berdaya, dalam arti berdaya tidak hanya untuk ketahanan keluarga masing-masing saja, namun bisa berkembang menjadi bisnis yang kuat dan besar.

“Jika bisnisnya sudah kuat, maka akan bisa menjadi besar, untuk itu perlu adanya support dari pemerintah melalui pelatihan-pelatihan”, tutur Setyo.

Setyo berharap, setelah adanya program atau giat ini, ada juga tindak lanjutnya yakni memonitoring.

“Setelah adanya pelatihan-pelatihan, harus ada tindak lanjutnya, memonitor perkembangan mereka. Harus ada tim yang mengevaluasi dengan proses pendampingan”, ucapnya.

“Bagaimana mereka diupayakan naik kelas yakni : naik kelas dalam arti omsetnya naik, cuan nya banyak. Nah itu perlu dimonitoring, dan evaluasi yang baik dengan pendampingnya”, jelas Setyo.

Baca juga:  Remaja Baubau Kena Penyakit Tumor Bagian Kaki, Butuh Uluran Tangan

Menurut Setyo, dengan berjalannya pelatihan-pelatihan, monitoring, dan evaluasi yang baik, maka otomatis akan dapat membantu kekuatan perekonomian Depok.

“Dengan adanya para UMKM yang berkualitas, mereka akan mampu bertarung dalam kancah persaingan pasar, tidak hanya penjualan produknya di Depok saja, tapi bisa diluar Depok, bahkan nasional hingga merambah ke Internasional, yang otomatis akan membantu perekonomian Depok, APBD nya maupun kebutuhan-kebutuhan masyarakat Depok”, tandasnya.

Hal senada juga dikatakan Nining Nur Farida yang juga selaku Narasumber dalam giat tersebut. Menurutnya, manajemen bisnis sangat penting dalam menjalankan suatu bisnis, sebab dapat mengembangkan dan meningkatkan omzet. Selain itu juga bisa berdampak baik pada masyarakat sekitar.

Baca juga:  Pasar Tradisional di Kota Palembang Terapkan Transaksi Non Tunai

“Saya berharap, para peserta pelaku UMKM dapat memanfaatkan, dan mengaplikasikan semua ilmu, dan fasilitas yang telah diberikan oleh Pemkot Depok”, pungkasnya.

Sebagai informasi, Pemkot Depok melalui DKUM memberikan pelatihan manajemen bisnis kepada 400 peserta program Wirausaha Baru (WUB) Tahun 2022.

Giat tersebut di laksanakan selama tiga hari dari tanggal 10 -12 November 2022 di Balatkop Depok dengan lima materi.

Kelima materi tersebut yakni:

1. Bussiness Mindset Leadership agar para pelaku usaha termotivasi untuk menjadi seorang pemimpin dalam bisnis.

2. Inovasi yang bisa menambah wawasan peserta untuk mengubah produk yang mereka miliki menjadi lebih menarik.

3. Pemasaran dan Penjualan.

4. Ilmu manajemen keuangan.

5. Pengeksekusian.

(Emy)

Komentar

-Iklan Pembuatan Website Berita-spot_img

Berita Terpopuler

Sitialimah Aceh Meminta Perlindungan Hukum di Polres Nias

Nias, Gerbang Indonesia - Terjadi pengancaman atas diri Sitialimah Aceh yang dilakukan oleh sekelompok oknum keluarga TBN LS bersama dangan kawan-kawannya pada hari Sabtu...

Saat Perbaiki Mesin, Kernet Truk Ditabrak di Tol Jakarta Tangerang

Reporter: Sawijan Jakarta | detikNews.co.id - Disaat memperbaiki truknya yang mogok kernet truk berinisial HDR meninggal dunia di Jalan Tol Jakarta-Tangerang Km 04.300 pada Selasa...

Pj Walikota Dukung Komitmen Akreditasi RSUD Kumpulan Pane

Reporter: J. Saragih Tebing Tinggi| detikNews - Pemerintah Kota bersama jajaran UPTD RSUD dr H. Kumpulan Pane Tebing Tinggi mendeklarasikan komitmen Akreditasi demi upaya mewujutkan...

Riswanto Tukang Becak, Kini Jadi Juragan Buah

Pemalang | detikNews - Adalah Riswanto seorang lelaki berusia 30 tahun, warga Kaligelang, Kecamatan Taman, Pemalang Jawa Tengah. Seorang yang mengalami pasang surutnya kehidupan,...

Penganiaya Ibu Rumah Tangga di Tarutung, berhasil Diringkus Sat Reskrim Polres Taput

Tapanuli Utara, Gerbang Indonesia - Setelah lima hari melarikan diri, tersangka penganiaya seorang ibu rumah tangga atas nama korban Stevy Simanjuntak ( 30 )...

Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga di Desa Bontonyeleng

Reporter: Wahyudi Bulukumba | Gerbang Indonesia - Hujan deras disertai angin kencang menerjang beberapa titik di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel), Tak terkecuali di Desa...
-Iklan Pembuatan Website Berita-spot_img
Berita terbaru
Berita Terkait