website statistics
24.4 C
Indonesia
Wed, 24 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

24.4 C
Indonesia
Wednesday, 24 April 2024 | 8:49:39 WIB

Program Beasiswa APERTI UPER, Membuka Jalan Bagi Para Generasi Masa Depan Wujudkan Harapan

Jakarta | detikNews – Industri kimia berkelanjutan, akan menjadi salah satu fokus prioritas pembangunan ekonomi di Ibu Kota Negara (IKN), dikatakan Kementerian PPN (Bappenas) pada Kamis (07/07/2022). Pengembangannya diprediksi akan dapat memberi kontribusi hingga 6,5 Miliar dollar AS dari PDB Nasional.

Bertajuk ‘Reward in Asia Pacific Chemical Sector’ pada Tahun 2019 dalam laporan Korn Ferry disebutkan, bahwa gaji pokok para pekerja di industri kimia Indonesia, lebih tinggi 25 persen dibandingkan industri lainnya. Hal ini ditengarai karena tingginya kesenjangan, antara ketersediaan jumlah tenaga kerja ahli muda, dengan kebutuhan industri.

Salah satu penerima Beasiswa APERTI BUMN di Universitas Pertamina (UPER) asal Kabupaten Nganjuk Indy Inasa Rizqita mengungkapkan harapannya, untuk menjadi ahli kimia di masa depan. Berkat pembebasan biaya kuliah hingga 100 persen di UPER, Mahasiswi yang diterima di Program Studi Kimia tersebut, kini selangkah lebih dekat menuju cita-citanya, dan Indy mengatakan, sudah sejak lama dirinya tertarik dengan bidang kimia.

Baca juga:  Kembangkan Program Fix My Food, Mahasiswi Indonesia Didapuk UNICEF Jadi Duta Kesehatan Asia Pasifik

“Keilmuan dibidang kimia bisa diterapkan di berbagai sektor seperti : Farmasi, Otomotif, Tekstil, bahkan makanan dan minuman. Selain itu, keilmuan dibidang kimia juga dapat memberikan solusi untuk berbagai masalah seperti : Pencemaran lingkungan, serta Perubahan iklim”, ucap Indy dalam wawancara daring selepas pengumuman penerima Beasiswa APERTI BUMN, Selasa 26//07/2022.

Siswi berprestasi asal SMA Negeri 2 Nganjuk ini, langganan meraih sejumlah penghargaan, yang alah satu diantaranya adalah sebagi : Finalis Olimpiade Kimia Air-langga Tingkat Nasional, dan menduduki Top 100 Perempat Final NOVEC Carnival ITS. Indy juga aktif di ekstrakulikuler pada Karya Ilmiah Remaja (KIR), dan tercatat sebagai penerima Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, selama tiga tahun penuh, dan Indy pun berharap, dapat memajukan daerah asalnya, terkhusus di sektor industri kimia.

“Tahun lalu, pemerintah telah mengembangkan Kawasan Industri Nganjuk (KING), yang digadang-gadang akan menjadi pusat kegiatan industri di Kabupaten Nganjuk. Saya berharap, ketika lulus nanti dapat kembali ke Kampung Halamannya, dan dapat berkontribusi untuk kemajuan daerahnya”, tutup Siswi yang selalu meraih rangking 10 besar tersebut.

Baca juga:  Temukan Dugaan Modus Pungli PPDB dibeberapa SMAN di Bogor, SBI Minta Satgas Saber Pungli Tindak Tegas Oknum Tersebut

Selain Indy, ada empat Mahasiswa lain yang juga diterima di UPER melalui Beasiswa APERTI BUMN, dan Keempat Mahasiswa tersebut adalah: Alghifari Rasyid Zola yang diterima di Program Studi Ilmu Komputer, Naurah Aqela yang diterima di Program Studi Kimia, Aulia Putri Riadi yang diterima di Program Studi Teknik Lingkungan, serta Michael Unedo Sitinjak yang diterima di Program Studi Kimia. Mereka berhasil menyisihkan lebih dari sembilan ribu pendaftar Beasiswa APERTI di Universitas Pertamina.

Bagi Siswa-Siswi yang belum lolos pada program Beasiswa APERTI, Universitas Pertamina menyediakan beragam beasiswa lain, yang sedang dibuka misalnya : Beasiswa PATRIOT, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-77, dan nilai total Beasiswa yang disediakan oleh UPER mencapai 23 Milyar Rupiah.

Baca juga:  Bertajuk RESILIENCE 2023, Pertamina Fondation Bersama UPER Kulik Solusi Alam Untuk Turunkan Emisi Lewat Konferensi Internasional

Program beasiswa besutan Aliansi Perguruan Tinggi yang terafiliasi BUMN tersebut, dibuka pada Juni 2022. Proses seleksi telah diikuti oleh lebih dari 28 ribu Siswa – siswi dari seluruh Indonesia. Sebanyak 47 siswa/siswi terbaik kini berkuliah didelapan perguruan tinggi yang termasuk kedalam anggota APERTI BUMN.

Kedelapan perguruan tinggi tersebut adalah : Universitas Pertamina (UPER), Telkom University (TEL-U), Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI), Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI), Institut Teknologi PLN (IT-PLN), Institut Teknologi Telkom Surabaya (ITTS), Institut Teknologi Telkom Purwokerto, serta Institut Teknologi Telkom Jakarta.

Saat ini kampus besutan PT Pertamina (Persero) tersebut sedang membuka pendaftaran Non Tes, yakni : Seleksi Nilai Rapor dan Seleksi Nilai UTBK untuk Tahun Akademik 2022/2023. Informasi lengkap terkait program studi serta syarat dan ketentuan pendaftaran dapat diakses di laman https://pmb.universitaspertamina.ac.id/
(Arifin).

——————————————-
Narahubung:
Ita M. Hanika – Manajer Humas Universitas Pertamina
No. HP: 0812 1972 8373
E-mail: [email protected]
——————————————-

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait