website statistics
26.4 C
Indonesia
Tue, 27 February 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

26.4 C
Indonesia
Tuesday, 27 February 2024 | 14:44:58 WIB

Program MTU Si Praja: Solusi Fleksibel dan Efisien Pelatihan Praktek Kerja di Kota Tangerang

Tangerang | detikNews – Sejak bulan Februari lalu, Pemerintah Kota Tangerang telah meluncurkan program Mobile Training Unit Pelatihan Praktek Kerja (MTU) Si Praja. Program ini dikembangkan oleh Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) dan memiliki tujuan untuk menyediakan pelatihan praktik kerja yang lebih fleksibel dan efisien bagi masyarakat. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk membantu mengurangi tingkat pengangguran di Kota Tangerang dan meningkatkan kualitas tenaga kerja yang ada.

Dalam program Si Praja, Disnaker akan mengirimkan dua unit mobil yang dilengkapi dengan fasilitas pelatihan ke komunitas atau kecamatan yang mengajukan permohonan pelatihan. Komunitas atau kecamatan tersebut harus menyediakan tempat pelatihan yang terjangkau jarak dan nyaman untuk peserta serta menyertakan berkas-berkas penting seperti foto copy KTP Kota Tangerang, foto copy ijazah terakhir, dan foto copy buku rekening pribadi.

Baca juga:  Semangat Kemerdekaan, Liga Tarkam Futsal Meriahkan Hari Ulang Tahun RI ke-78 di Kota Tangerang

Program Si Praja terdiri dari dua jenis pelatihan, yaitu Barista dan Content Creator. Pelatihan dilakukan selama tiga hari per sekali pelaksanaan dengan maksimal peserta sebanyak 20 orang. Pelatihan dalam mekanisme Si Praja terfokus pada bidang kompetensi dan bidang kewirausahaan.

Kepala Disnaker, Kota Tangerang, Ujang Hendra Gunawan menyatakan bahwa pelaksanaan program Si Praja ini tidak rumit. Komunitas atau kecamatan yang ingin mengajukan permohonan pelatihan hanya perlu menghubungi pihak Disnaker dan menyediakan tempat pelatihan yang memadai. Ia juga mengungkapkan bahwa program Si Praja memiliki misi khusus sebagai upaya Disnaker untuk membantu meningkatkan kualitas tenaga kerja dan bersaing dengan relevansi kebutuhan dunia kerja saat ini, ujarnya. Jumat (12 /05/2023)

Baca juga:  Ular Tikus Raja Membuat Kediaman di Sumur Rumah Warga Bogor

Dengan adanya program Si Praja ini, diharapkan dapat membantu masyarakat Kota Tangerang yang ingin meningkatkan keterampilan dan kualitas kerja mereka. Selain itu, program ini juga menjadi salah satu solusi untuk mengatasi masalah pengangguran yang ada di Kota Tangerang. Semoga program Si Praja dapat memberikan manfaat yang positif bagi masyarakat Kota Tangerang dan terus berlanjut dalam waktu yang panjang. (DN)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait