website statistics
27.4 C
Indonesia
Thu, 25 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

27.4 C
Indonesia
Thursday, 25 April 2024 | 19:06:01 WIB

PSSI Kirim Nota Protes kepada AFF Terkait Laga Vietnam vs Thailand

Reporter: Sawijan

Jakarta | detikNews – PSSI resmi Kirimkan nota protes terhadap Federasi Sepakbola Asean (AFF) terkait pada laga Grup A Piala AFF (2022) Vietnam vs Thailand yang dinilai telah melanggar prinsip (fair play) atau nilai-nilai sportivitas.

“Perihal nota tersebut juga ditujukan kepada (AFC)  Konfederasi Sepakbola Asia-red juga (FIFA)agar turut mengetahui kasus ini,” kata Ketua Umum PSSI, Mohammad Iriawan seperti dilansir Antara, pada Senin (11/7/2022) malam.

Menurut Mochammad Iriawan, yang jadi sorotan (PSSI) dari pertandingan pada Minggu (10/7) itu adalah situasi pada 27 menit menjelang laga berakhir atau ketika kedudukan imbang skor 1-1.

Baca juga:  Skor akhir 1-5 untuk Kemenangan Timnas Indonesia U-19 atas Lawannya Timnas Filipina U-19 AFF

Bukti dari rekaman yang diterima (PSSI) dan sudah dibicarakan dalam rapat bersama pejabat internal (PSSI) Senin (11/7), Vietnam dan Thailand seperti tidak berniat mencetak gol ke gawang lawan masing-masing karena skor 1-1 sudah cukup membawa mereka ke semifinal pada Piala AFF U-19 2022.

Bukti nyata video pun disertakan dalam nota protes (PSSI) tersebut.

Thailand Seperti tidak ada usaha untuk mengambil bola, sementara juga Vietnam hanya mengoper ke belakang, menuju kiper lalu bek. Itu saja, Kami ingin memastikan, bertanya kepada (AFF), apakah itu fair play atau tidak? Jawabannya akan menjadi acuan bagi kami,” kata Iriawan.

Baca juga:  Kota Depok Siap Gelar Kejuaraan Panjat Tebing Skala Provinsi Untuk Pelajar Tahun 2023

“Jika benar itu fair play, maka kami bisa saja melakukan hal yang seperti itu suatu saat. Kami tidak menuduh Thailand atau Vietnam ‘main mata’ dan lain sebagainya. sangat jelas, saat pertandingan berjalan, ada hal yang tidak pantas dilakukan tim dari negara besar dengan kualitas sepak bola yang bagus.

Secara (head to head) berdasarkan regulasi turnamen, Vietnam juga Thailand sama-sama lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022 kalau mereka bermain imbang atau seri.

Baca juga:  Ryo Matsumura Jadi Penyelamat Persija di Liga 1, Jakmania Takjub dan Singgung Riko Simanjuntak

Kedudukan (1-1) Vietnam juga Thailand membuat Indonesia gagal ke empat besar meski menang besar ( 5-1) atas Myanmar pada saat bersamaan karena Indonesia hanya bermain imbang tanpa gol disaat menghadapi Thailand dan Vietnam.

Dengan demikian, kedua tim terbaik Grup A yang menduduki tempat semifinal adalah Vietnam sebagai juara grup dan Thailand yang menempati peringkat kedua. (sw)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait