website statistics
29.4 C
Indonesia
Sat, 20 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

29.4 C
Indonesia
Saturday, 20 April 2024 | 16:33:50 WIB

PT Asahimas Chemical  Bantu Korban Gempa Cianjur dengan Membangun Fasilitas Air Bersih

Jakarta | detikNews – Masyarakat di Kabupaten Cianjur merasakan banyak kerugian pasca gempa yang terjadi pada Senin, 21 November 2022 lalu. Salah satunya adalah kerusakan fasilitas air bersih dan kian meningkatnya kebutuhan bahan pangan karena banyaknya masyarakat yang terdampak gempa.

Dalam komitmen untuk mendorong proses pemulihan pasca bencana, PT Asahimas Chemical (ASC) melalui Corporate Social Responsibility (CSR) menggelar tiga program, yaitu pembangunan sarana fasilitas air bersih, donasi paket sembako, dan tenda darurat bagi sekolah terdampak di Kampung Sarampad RW 03, Desa Sarampad, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Baca juga:  Peran Penting Anggota Linmas dalam Pengamanan Pemilu 2024 di Kota Bandung

Seremoni peresmian dilakukan secara langsung pada Rabu, 08 Maret 2023 lalu dan dihadiri oleh perwakilan manajemen beserta karyawan PT Asahimas Chemical, Kepala Desa Sarampad, tokoh masyarakat setempat, lembaga sosial, serta masyarakat sekitar.

Manajer General Affair PT Asahimas Chemical, Idris Ahmad, menyatakan bahwa ASC hadir membawa misi untuk membantu masyarakat Cianjur yang saat ini sedang dalam proses pemulihan dengan membawa beberapa program yang dapat mendorong kembali kehidupan masyarakat pasca bencana.

“Fasilitas air bersih yang dibangun mencakup pembuatan sumur bor, tangki air, mesin pompa, pipa, kran, rangka tangki air, dan kWh listrik 2.200 watt. Fasilitas tersebut dibangun untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga Kampung Sarampad sebanyak 200 kepala keluarga,” jelas Idris dalam keterangan tertulisnya di Jakarta pada Sabtu (11/03/2023).

Baca juga:  Empati Walikota Depok untuk Palestina dalam Do'a Shalat Tarawih

Selain itu, PT Asahimas Chemical juga turut mendonasikan tenda yang akan difungsikan sebagai sekolah darurat bagi siswa SDN Taruna Bakti yang sekolahnya rusak dan akan direlokasi akibat lokasinya yang dekat dengan Sesar Cugenang. ASC juga mendistribusikan 200 paket sembako untuk membantu kebutuhan pangan masyarakat, mengingat bulan Ramadhan yang sebentar lagi tiba.

Pemilihan Kampung Sarampad sebagai lokasi pembangunan fasilitas air bersih, tenda darurat, dan distribusi sembako dikarenakan sumber mata air yang sebelumnya dimanfaatkan selama 30 tahun oleh warga di wilayah tersebut hilang akibat gempa. Selain itu, wilayah tersebut merupakan salah satu daerah yang terdampak paling parah akibat lokasinya yang berdekatan dengan pusat gempa.

Baca juga:  Lurah Mengikuti Prosedur Saat Ketua RW Pluit yang Tersangka Pelecehan Tak Bisa Langsung Dinonaktifkan

Manajer General Affair PT Asahimas Chemical berharap semoga bantuan-bantuan yang diberikan dapat bermanfaat dan membantu proses pemulihan di Cianjur, khususnya Kampung Sarampad. Idris Ahmad juga berharap semoga masyarakat tetap tegar dan bangkit dari cobaan yang menimpa. (Mawi)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait