website statistics
21.4 C
Indonesia
Thu, 25 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

21.4 C
Indonesia
Thursday, 25 April 2024 | 8:05:03 WIB

Rekomendasi Komnas HAM, Dugaan Kekerasan Seksual Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat di Magelang, Mahfud MD: Itu Hanya Pelengkap Informasi

Reporter: Sawijan

Jakarta | detikNews –  Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas Ham) dalam salah satu rekomendasinya meminta pada penyidik Polri untuk menindaklanjuti temuan fakta, adanya dugaan kekerasan seksual yang dilakukan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat ke istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi di Magelang Jawa Tengah pada 7 Juli 2022.

Menanggapi hal tersebut, Mahfud MD Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan HAM menyebut temuan Komnas HAM maupun laporan komnas perempuan hanya sebagai pelengkap informasi. Pasalnya kata dia, temuan atau laporan tersebut tak memiliki nilai pro justia.

Mahfud mengatakan saat di konfirmasi wartawan pada (2/8/22). “Temuan Komnas HAM maupun laporan Komnas Perempuan itu hanya pelengkap informasi. Tidak ada nilai pro justisianya. Jaksa dan polisi bisa memakai atau tak memakai.

Meskipun demikian mantan Ketua MK itu menuturkan, temuan atau laporan tersebut dapat dilihat dari semua sisi,” ujar Mahfud.

Baca juga:  Kejaksaan Agung Melacak Aliran Dana Korupsi Proyek BTS: Penelusuran untuk Mengungkap Kepentingan Tersembunyi

Mahfud juga mengatakan, biar saja agar semua segi bisa dilihat,” katanya.

Sebelumnya, Komnas HAM mengeluarkan hasil pemantauan dan penyelidikan atas peristiwa meninggalnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat di rumah dinas eks Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo, Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Salah satu temuannya adanya dugaan kekerasan seksual yang dilakukan Yosua ke istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi di Magelang, Jawa Tengah pada 7 Juli 2022.

Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara, mengatakan pada tanggal yang sama terdapat dugaan kekerasan seksual yang dilakukan oleh Yosua terhadap Sdri. PC dimana Sdr. FS (Ferdy Sambo) pada saat yang sama tidak berada di Magelang,” ujarnya pada Kamis (1/9/2022).

Menurut laporan tersebut pada 7 Juli sekitar pukul 00.00 WIB ada perayaan hari ulang tahun pernikahan antara Ferdy Sambo dengan Putri. Kemudian rombongan Putri Candrawathi termasuk Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat menuju Jakarta dari Magelang Jawa Tengah.

Baca juga:  Dana Hibah KONI Rp. 5 Miliar, Ini Ungkapan Plt Bupati Pemalang

Beka menjelaskan,Rombongan yang berangkat dari Magelang ke Jakarta menggunakan dua mobil dan PC (Putri) berada di mobil yang berbeda dengan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat.

Sampainya Rombongan Putri Candrawathi di rumah Sangguling rumah pribadi, Ferdy Sambo, telah berada di rumah tersebut. Kemudian Putri disebut menceritakan peristiwa yang dialaminya di Magelang kepada Ferdy Sambo, saat dalam perjalanan dari rumah pribadi ke rumah dinas.

Jarak dari rumah pribadi ke rumah dinas Ferdy Sambo kurang dari satu kilometer.

“Selanjutnya FS (Ferdy Sambo) memanggil Bripka RR dan Barada RE ke lantai tiga Rumah Saguling untuk menanyakan perihal peristiwa di Magelang dan merencanakan upaya penindakan terhadap Yosua jelas dia.

Baca juga:  Rekonstruksi Pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat Digelar Hari Ini

Beka menyebutkan Rombongan Putri lebih dahulu sampai di Rumah Dinas No 46 sebelum Ferdy Sambo tiba di lokasi.

Beka mengatakan Peristiwa penembakan Brigadir J itu, terjadi pada 8 Juli di rumah dinas Ferdy Sambo No. 46. Namun terdapat beberapa versi berdasarkan keterangan para pihak yang harus dibuktikan dalam proses pengadilan,” imbuhnya.

Komnas (HAM) Hak asasi Manusia juga memastikan tidak ada penyiksaan.
Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat tewas karena luka tembak.

Dalam rekomendasinya Komnas HAM meminta pada penyidik Polri untuk menindaklanjuti temuan fakta peristiwa tersebut.

“Menindaklanjuti pemeriksaan dugaan kekerasan seksual terhadap PC (Putri) di Magelang dengan memperhatikan prinsip-prinsip hak asasi manusia dan kondisi kerentanan-kerentsnan khusus,” katanya.

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait