website statistics
26.4 C
Indonesia
Sat, 20 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

26.4 C
Indonesia
Saturday, 20 April 2024 | 19:39:43 WIB

Rekor Tertinggi! 750 Ribu Penumpang Memilih Naik Kereta Api dari Jakarta dan Sekitarnya untuk Mudik 2023

Jakarta | detikNews – Musim mudik Lebaran tahun 2023 telah selesai dan tercatat sebanyak 750 ribu penumpang menggunakan transportasi kereta api jarak jauh (KAJJ) untuk pulang kampung dari Jakarta dan sekitarnya. Eva Chairunisa, Kahumas KAI Daop 1 Jakarta, mengungkapkan bahwa jumlah tersebut meningkat sekitar 20 persen jika dibandingkan dengan volume penumpang pada tahun sebelumnya, Rabu (3/5/2023).

Rata-rata volume penumpang yang berangkat setiap harinya sekitar 40 ribu sampai dengan 43 ribu orang. Mereka berangkat dari enam stasiun yakni Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Cikarang, Karawang, dan Cikampek. Dari jumlah tersebut, sebanyak 460 ribu penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dan 290 ribu penumpang berangkat dari Stasiun Gambir.

Baca juga:  Kemenhub : Prediksi Arus Balik Masih Tinggi Hingga Senin Mendatang

Mayoritas pemesanan tiket KA jarak jauh dilakukan untuk jadwal keberangkatan pada tanggal favorit yakni tanggal 14 sampai dengan 24 April 2023. Pada tanggal-tanggal tersebut, tingkat okupansi tempat duduk sudah mencapai 90 hingga 100 persen. Volume penumpang berangkat mudik tertinggi tercatat pada tanggal 18 sampai dengan 23 April, di mana tingkat okupansi mencapai 100 persen.

Baca juga:  BPS mencatat kenaikan signifikan pergerakan masyarakat selama arus mudik Lebaran 2023 mencapai 26,3 juta pergerakan

Beberapa kota tujuan yang menjadi pilihan favorit para penumpang antara lain Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo, dan Bandung. Meskipun demikian, situasi arus mudik dan arus balik dari area Daop 1 Jakarta terpantau lancar dan kondusif serta seluruh perjalanan KA berlangsung lancar, aman, selamat, dan tepat waktu.

Dengan selesainya musim mudik Lebaran tahun 2023, diharapkan tidak terjadi lonjakan kasus COVID-19 yang signifikan di daerah-daerah tujuan para pemudik. Semoga kita semua senantiasa menerapkan protokol kesehatan dengan ketat agar terhindar dari penyebaran virus dan dapat beraktivitas dengan aman.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait