website statistics
29.4 C
Indonesia
Fri, 19 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

29.4 C
Indonesia
Friday, 19 April 2024 | 11:06:27 WIB

Rencanakan Upaya Penanganan Banjir di Wilayahnya, Camat Panmas Ajak Warga Disiplin Membuang Sampah

Depok | detikNews – Masyarakat Kota Depok, khususnya warga Kecamatan Pancoran Mas (Panmas) menantikan upaya penanganan banjir yang hampir selalu terjadi di musim penghujan. Langkah-langkah strategis perlu dilakukan pihak terkait dalam upaya ini.

Camat Pancoran Mas Kota Depok, Zikri Dwi Dermawan didampingi dengan Enam Lurah yang berada diwilayah Kecamatan Pancoran Mas membeberkan lokasi titik-titik banjir tersebut saat acara ‘Ngopi Bareng Sekber’ di Aula Kantor Kelurahan Panmas, Jalan Pitara Raya No. 49, Kota Depok, Kamis, 08/02/2023.

Adapun titik-titik banjir dan genangan air di wilayah Kecamatan Panmas Kota Depok diantaranya adalah sebagai berikut :
Wilayah Kelurahan Pancoran Mas, titik banjir berada di RW02 perbatasan Kelurahan Depok dan di Jalan Pitara. Kemudian diwilayah Kelurahan Depok berada di RW13 jalan Situ Rawa Besar dan RW03 dekat Stasiun Depok lama, serta Jalan Raya Arief Rahman Hakim.

Baca juga:  Wakil Walikota Depok Sampaikan Pesan Penting tentang Pendidikan Anak di Perumahan Puri Sriwedari

Untuk di wilayah Kelurahan Depok Jaya, titik banjir berada di RW01, RW03 dan RW04. Sedangkan diwilayah Kelurahan Mampang berada di RW06, RW10, dan RW11, untuk di wilayah Kelurahan Rangkapan Jaya berada di RW10 dan RW13. Selanjutnya untuk diwilayah Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, titik banjir berada di Jalan Raya Keadilan dan RW06.

Camat Panmas, Zikri Dwi Darmawan mengungkapkan, bahwa pihaknya beserta jajaran sudah berupaya melakukan pencegahan, dan penanganan agar titik-titik banjir tersebut dapat teratasi. Diantaranya yaitu : Program Lubang Resapan Biopori (LRB), program infrastruktur yaitu : memperbaiki drainase, dan pembangunan Kolam Retensi (Kolam untuk penampungan air).

Baca juga:  Pemeriksaan Puslabfor Polri Terhadap Insiden Kebakaran Halte TransJakarta Tendean Akan Dilakukan Esok Pagi

“Pihak kami pastinya akan melakukan segala cara untuk mengatasi banjir diwilayah Kecamatan Panmas, demi mewujudkan Pancoran Mas Bebas Banjir di Tahun 2024. Namun, semua itu pastinya harus ada turut serta masyarakat yakni dengan cara membuang sampah pada tempatnya”, ujar Zikri.

Karena, sambungnya, jika masyarakat membuang sampah sembarangan, terlebih di Sungai atau kali bisa mengakibatkan tersumbatnya saluran air dan banjir.

“Selain pedangkalan Kali, sampah adalah salah satu faktor penyebab terjadinya banjir. Untuk itu, mari kita sama-sama membiasakan diri untuk hidup disiplin salah satunya yakni membuang sampah pada tempatnya”, tutur Camat.

Baca juga:  Misteri Terungkap: Ciri-ciri Potongan Tubuh di Kenpark Surabaya Terungkap

Hal senada juga dikatakan, Lurah Pancoran Mas, Soleh yang mengatakan, bahwa segala sesuatu permasalahan yang ada harus saling menjalin kerjasama, dan berkoordinasi dengan para pihak yang sesuai dengan tupoksinya. Begitu pun dengan masyarakatnya, harus ikut berperan serta.

“Sudah ada tupoksinya masing-masing, misalnya : dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan normalisasi kali atau membangun drainase. Selain itu, juga dengan Pol PP, menertibkan bangunan yang menghambat jalannya air dan lain sebagainya”, pungkas Soleh. (Emy)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait