website statistics
21.4 C
Indonesia
Fri, 29 March 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

21.4 C
Indonesia
Friday, 29 March 2024 | 0:45:18 WIB

RENTAN dan Damkar Berkolaborasi Mengatasi Kebakaran Tangki Minyak di Marelan

Reporter: Rudi Hartono

Medan | Gerbang Indonesia – Sebuah gudang penimbunan minyak yang beralamat di Jalan Ileng, Gang Nangka Lingkungan 2 Rengas Pulau, Medan Marelan, Kota Medan terbakar hebat. Kejadian ditaksir pada pukul 22.45 WIB, Minggu malam, 13/2/22.

Dari pengamatan awak media yang turun di lokasi, diinformasikan warga bahwasanya gudang yang terletak di Jalan Ileng tersebut di duga gudang penyimpanan Bahan Bakar Minyak jenis Solar ilegal.

Kronologis kejadian bermula dari seorang supir truk tangki yang membuang puntung rokok sembarangan di tempat sampah dengan posisi masih menyala berketepatan di area wilayah mudah terbakar. Api dengan cepat menjalar membakar tangki penyimpanan minyak hingga menimbulkan ledakan yang kuat sekitar pukul 23.20 WIB.

Baca juga:  Longsor Menerjang 5 Rumah di Empang Bogor, Menewaskan 2 Orang

Gudang yang berdekatan dengan pemukiman warga membuat kepanikan warga bertambah. Kobaran api tak dapat dicegah hingga merembet ikut menghanguskan 4 rumah warga yang berdekatan dengan TKP. Kesibukan warga yang ingin memadamkan api kurang efektif karena saat bersamaan ledakan susulan dari kobaran api yang ikut membakar sebuah mobil tangki yang berkapasitas 5.000 Kilo liter ikut terbakar.

Susul menyusul di lokasi ikut pula merembet ke tangki ukuran 24.000 Kilo liter juga terbakar dan sebuah Mobil Panther tidak terselamatkan dimakan si jago merah. Kobaran api yang sangat besar membuat suasana mencekam menjelang dinihari. Pemadam tidak berhenti beberapa kali menurunkan personil sampai lebih dari 10 unit untuk memadamkan api dan mencegah kerusakan cukup parah.

Baca juga:  Rumah Makan di Ciputat Terbakar dan Api Berhasil Dipadamkan Setelah 3,5 Jam

Begitu juga dengan Relawan Solidaritas Antisipasi Bencana (RENTAN), begitu mendengar kabar jam 22.45 WIB, semua anggota RENTAN diantaranya, Ketua Umum RENTAN, Muhammad Yunus, Ketua DPAC Medan Belawan, Putra Islami, Ketua Humas, Habib, Waka TRC DPAC Medan Belawan, Supriadi, Personil DPP Sumut, Personil DPAC Medan Labuhan dan personil DPAC Medan Marelan Siap, Sigap dan Tanggap mengantisipasi bencana bahu membahu dengan Personil BPBD, personil TNI, personil Polisi dan pihak PLN memastikan dan berkolaborasi mengamankan area dari hal-hal tak terduga dan diluar perkiraan.

Pihak PLN memastikan kabel dan jaringan listrik tidak menimbulkan kebakaran yang berlanjut, pihak TNI/Polri memasang line dan proses Lidik awal mencari keterangan dan menilai kerusakan sekaligus mengamankan orang-orang yang dianggap bertanggung jawab untuk diinterogasi. Pihak Damkar masih berusaha memadamkan sisa – sisa kebakaran terutama tangki yang terbakar hebat yang masih sangat panas.

Baca juga:  Brigjen Purnawirawan TNI Yus Dijerat Kejagung Kembali sebagai Tersangka Korupsi

Tak ketinggalan Camat Medan Marelan, Bapak Muhammad Yunus turut hadir memastikan dan mengendalikan situasi selaku pimpinan kecamatan di Medan Marelan. Api sudah dapat dipadamkan pada pukul 02.00 WIB, Senin, 14/2/22. Setelah dianggap keadaan terkendali dengan baik, RENTAN kembali ke rumah masing-masing karena TNI/Polri yang memegang kendali di lapangan selanjutnya. (RHO)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait