website statistics
24.4 C
Indonesia
Wed, 24 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

24.4 C
Indonesia
Wednesday, 24 April 2024 | 23:12:33 WIB

Reog Gembong Bawono Meriahkan Gebyar Nasional Gelar Budaya 42 Tahun HUT Pujakesuma Sekaligus Pengukuhan PD Pemuda Pujakesuma Asahan

Reporter: Joko Hendarto

Asahan | detikNews – Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Pujakesuma Ke – 42 Tahun sekaligus pengukuhan Pimpinan Daerah ( PD ) Pemuda Pujakesuma Kabupaten Asahan, Reog Gembong Bawono hadir tampil memukau ratusan tamu undangan serta masyarakat yang hadir.

Keterangan foto : Reog Gembong Bawono raih Juara Umum 1 pagelaran seni budaya tingkat Provinsi Sumatera Utara
Keterangan foto : Reog Gembong Bawono raih Juara Umum 1 pagelaran seni budaya tingkat Provinsi Sumatera Utara

Ketua panitia Wahyudi, SP, M.Si dalam laporannya tak lupa mengucapkan ribuan trimakasih kepada Ketua Pimpinan Wilayah ( PW ) Pemuda Pujakesuma Sumatera Utara Hendra Bambang Atmaja beserta rombongan yang secara langsung melakukan pengukuhan PD Pemuda Pujakesuma Kabupaten Asahan, ” Minggu ( 21/08/2022 ) pukul 16.00 Wib bertempat di lapangan Perpas Sidodadi Kisaran.

Acara pengukuhan PD Pemuda Pujakesuma Kabupaten Asahan ini sekaligus dilaksanakan berkaitan dengan Hari Ulang Tahun Pujakesuma yang Ke – 42 tahun. Tujuan acara ini juga untuk mempererat tali silaturahmi, tidak hanya dari suku Jawa saja namun melainkan juga untuk suku suku lainnya yang berada di wilayah kabupaten Asahan.

Baca juga:  Tuan Rumah Pelaksana Hut Sultra Ke 58 Tahun dan Napak Tilas Oputa Yi Koo di Kota Baubau

Pimpinan Daerah Pemuda Pujakesuma Kabupaten Asahan siap menjalankan amanat yang telah diberikan untuk segera membentuk serta mengembangkan kepengurusan Pemuda Pujakesuma sampai tingkat kepelosok desa se kabupaten Asahan “, pungkas Wahyudi mengakhiri laporannya.

Keterangan foto : Foto bersama unsur pengurus DPP, DPW dan DPD Pujakesuma
Keterangan foto : Foto bersama unsur pengurus DPP, DPW dan DPD Pujakesuma

Dikesempatan yang sama dalam pidato arahannya Sekretaris Dewan Pembina Pimpinan Pusat Pujakesuma Brigjen TNI ( Pur ) Dr. Ahwan Ismadi S, PdI, SH, MH, LLM menegaskan,” Acara pengukuhan PD Pemuda Pujakesuma yang di laksanakan pada hari ini akan terus berlanjut di 15 titik untuk wilayah Provinsi Sumatera Utara. Hal ini dilakukan dalam rangka mengaktifkan kembali seni budaya serta minat generasi muda agar tetap berkembang dan membuming di wilayah Propinsi Sumatera Utara.

Diharapkan kepada Pemuda Pujakesuma Kabupaten Asahan agar dapat memperkenalkan seni budaya wayang dan reog, mulai hari ini kita akan terus bergerak dari kota hingga pelosok desa. Wayang dan reog ini merupakan warisan budaya dari nenek moyang yang harus kita lestarikan.

Baca juga:  Kenalkan Seni Ludruk dengan "LUDRUK GOES TO SCHOOL"

Tak lupa saya ucapkan terimakasih kepada grup seni Reog Gembong Bawono yang telah turut serta memeriahkan acara pada hari ini, yang mana pada beberapa waktu lalu Reog Gembong Bawono ini telah meraih juara umum 1 pada pagelaran seni budaya tingkat provinsi Sumatera Utara dan untuk seluruh pengurus serta anggota Pujakesuma diingatkan ” Pujakesuma tidak berpolitik tapi orang orang Pujakesuma silahkan untuk berpolitik “, tegas Ahwan Ismadi.

Keterangan foto : Pendiri Reog Gembong Bawono Kabupaten Asahan  Suyono didampingi Warog Reog Mas Pay ( dok/Joko )
Keterangan foto : Pendiri Reog Gembong Bawono Kabupaten Asahan Suyono didampingi Warog Reog Mas Pay ( dok/Joko )

Disela sela acara pendiri Reog Gembong Bawono Kabupaten Asahan Suyono didampingi Warog ( pimpinan reog ) Mas Pay kepada detikNews co.id mengatakan, ” Reog Gembong Bawono telah mengangkat dan mengharumkan nama Kabupaten Asahan dengan meraih juara umum 1 pada pagelaran seni dan budaya tingkat Provinsi Sumatera Utara.

Baca juga:  Semarak "106 Tahun Kebun Binatang Surabaya" Suguhkan Pagelaran Wayang Kulit Semalam Suntuk, Ki Cahyo Kuntadi.Cs

Namun kami sangat kecewa karena tidak adanya respon serta partisipasi dari pihak pemerintah Kabupaten Asahan dalam mengapresiasi keberhasilan Reog Gembong Bawono. Untuk itu saya berharap agar kedepannya Bupati Asahan H. Surya, B,Sc yang juga sebagai dewan pembina pada reog Gembong Bawono ini agar dapat lebih memperhatikan nilai nilai seni dan budaya reog Gembong Bawono yang telah mengharumkan nama daerah kita ini “, harap Suyono

Selain Reog Gembong Bawono acara pengukuhan PD Pujakesuma sekaligus Hari Ulang Tahun Pujakesuma ke – 42 ini juga dimeriahkan oleh acara tembang campur sari serta pertunjukan wayang kulit hingga tengah malam. ( JH )

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait