website statistics
29.4 C
Indonesia
Sat, 20 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

29.4 C
Indonesia
Saturday, 20 April 2024 | 13:14:57 WIB

Reshuffle Kabinet Jokowi: “Prediksi dan Spekulasi Partai Koalisi”

Jakarta | detikNews.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana melakukan perombakan kabinetnya minggu depan saat pelantikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) yang baru. Partai-partai koalisi pemerintahan Jokowi memprediksi kapan perombakan kabinet akan dilakukan, Sabtu (1/4/2023).

Jokowi awalnya mengumumkan pelantikan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) yang baru minggu depan. Komjen Rycko Amelza Dahniel akan menggantikan Komjen Boy Rafli Amar.

“Sudah (ada nama kepala BNPT baru),” kata Jokowi, setelah meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido di Bogor.

Jokowi juga ditanya apakah pelantikan Kepala BNPT akan digelar bersamaan dengan pelantikan Menpora yang baru. Jokowi hanya menjawab “minggu depan” dua kali sebagai penegasan.

Baca juga:  Pemkot Depok Ikuti APDI 2023 Kemendagri, Ini Inovasi SPBE yang Telah Dilaksanakan

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi atau Awiek berbicara tentang isu perombakan kabinet yang akan dilakukan pada 12 April. PPP melihat ada sinyal kuat bahwa perombakan kabinet akan dilakukan oleh Presiden Jokowi.

“Kalau dilihat dari Jokowi, perombakan itu akan dilakukan dalam waktu dekat ya, segera bahasa beliau, tetapi itu kan kewenangan beliau semua, hak prerogatif dari Presiden,” kata Awiek.

Awiek mengatakan sinyal isu perombakan pada 12 April sangat kuat. Namun, dia tetap menyerahkan keputusan akhir kepada Jokowi.

“Soal kapan waktunya tidak ada yang tahu karena itu hak prerogatif Presiden. Tapi, sinyalnya sangat kuat (perombakan pada 12 April),” ujarnya.

Baca juga:  Analisis SMRC: Ganjar Pranowo Berpeluang Lebih Baik Menaikkan Elektabilitas Dibandingkan Prabowo Subianto

Meski begitu, Awiek mengatakan ada kemungkinan perombakan juga dilakukan setelah Lebaran. Namun, menurutnya, posisi Menpora harus segera diisi.

“Kalau PPP memprediksi perombakan itu setelah Lebaran, seperti kebiasaan-kebiasaan sebelumnya. Tetapi, apapun itu semua tergantung kepada Presiden Jokowi untuk melakukan perombakan kapan dan siapa, yang jelas seperti Menpora itu kan perlu ada pengisian orang baru,” tuturnya.

Sementara itu, Waketum PKB Jazilul Fawaid mendukung Presiden Jokowi untuk melakukan perombakan kabinet. Jazilul memprediksi perombakan akan dilakukan Jokowi setelah Hari Raya Idul Fitri.

Baca juga:  Irwan Ramadhan Bagikan Daging Qurban Kepada Masyarakat Desa Hegar Manah dan Babakancikao

“Itu mah terserah Presiden saja. Memang sudah saatnya perombakan. Namun, setahu saya belum pernah ada perombakan kabinet pada bulan puasa Ramadan,” kata Jazilul.

“Publik menunggu, kami dukung dilakukan perombakan segera, apalagi kalau mau menambah atau mengembalikan jatah PKB,” sambungnya.

Jazilul mengatakan kemungkinan perombakan dilakukan setelah Lebaran. Dia mengaku belum mendapat informasi terkait peluang perombakan pada 12 April.

“Setelah Lebaran baru akan dilakukan perombakan,” kata dia.

Menurutnya, perombakan kabinet memang perlu dilakukan. Meski begitu, Jazilul menyerahkan keputusan perombakan kepada Jokowi.

“Perlu (perombakan kabinet lainnya), tapi Presiden yang lebih tahu,” tuturnya. (sl)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait