website statistics
24.4 C
Indonesia
Sat, 20 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

24.4 C
Indonesia
Saturday, 20 April 2024 | 1:14:03 WIB

Revitalisasi Pengelolaan Sampah, Pemkot Depok Segera Terapkan Mesin Pengolah Sampah Skala Lokal

Depok | detikNews – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah merencanakan penggunaan mesin pengolah sampah skala lokal untuk mengurangi volume sampah yang dikirim ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung. Mesin ini akan ditempatkan di beberapa lokasi di Kota Depok.

Supian Suri, Sekretaris Daerah Kota Depok, menyatakan bahwa sebelum TPA Cipayung mengalami longsor, Wali Kota Depok, Mohammad Idris, telah menginstruksikan pembuatan fasilitas pengolahan sampah di beberapa titik. Langkah ini diambil karena belum ada kerja sama yang jelas antara Pemkot Depok dengan Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Lulut Nambo, Bogor.

Baca juga:  Pemkot Depok Serahkan Anggaran Hibah Rp 250 Juta untuk Renovasi Masjid Jami At Taqwa di Kampung Lio

“Pak Wali telah memberikan instruksi untuk membuat beberapa titik pengelolaan sampah menggunakan metode mesin,” ungkap Supian usai Apel Pagi di Balai Kota Depok, Senin (05/06/23).

Supian berharap bahwa mesin pengolah sampah skala lokal dapat mengurangi volume sampah yang masuk ke TPA Cipayung. Uji coba mesin ini akan dilakukan pada tahun 2024.

Baca juga:  Masalah Sampah Tak Kunjung Usai, Bramastyo Sebut Ada Ketidaksinkronan Antara Eksekutif dan Legislatif di Kota Depok

“Kami berencana melakukan uji coba pada tahun 2024 dan mulai mengalokasikan dana untuk pengelolaan sampah. Harapan kami adalah dapat mengurangi jumlah sampah yang dibuang ke TPA Cipayung,” jelasnya.

Selain itu, Pemkot Depok telah menerima alokasi program dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait mesin pengolah sampah. Pemerintah meminta Pemkot Depok untuk menyediakan lahan yang diperlukan.

Baca juga:  Pelat Nomor Dinas Kodam Jaya pada Kendaraan di Rumah Nindy Ayunda Telah Kadaluarsa, TNI AD Terus Lakukan Penyelidikan

“Kami sedang dalam proses dan saat ini sudah mencapai tahap finalisasi. InsyaAllah, tahun ini mesin pengolah sampah akan beroperasi di TPA Cipayung untuk mengurangi volume sampah,” tambahnya.

“Selain itu, kami juga akan terus memperluas program bank sampah,” tutupnya. (Edh)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait