website statistics
21.4 C
Indonesia
Fri, 29 March 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

21.4 C
Indonesia
Friday, 29 March 2024 | 1:46:56 WIB

RW 09 Cipayung Jaya Berubah Menjadi Kampung Pintar Ramah Keluarga dengan Icon Pepaya

Depok | detikNews – Zayadi, Kepala Kelurahan Cipayung Jaya, telah menetapkan RW9 perumahan Lembah Griya Indah sebagai Kampung Cerdas Ramah Keluarga atau Caraka. Apalagi buah pepaya akan dijadikan ikon bagi daerah tersebut.

Zayadi mengatakan, warga RW9 akan menanam pohon Pepaya di pekarangan rumah atau di fasilitas sosial dan umum. Selain mudah, menanam Pepaya tidak membutuhkan penggunaan lahan yang luas.

“Banyak warga di sini yang sudah menanam pepaya, baik dinikmati sendiri maupun dimakan bersama. Oleh karena itu, kami menetapkan Desa Caraka RW 09 dengan ikon Pepaya”, Zayadi pada Selasa 14/03/23.

Baca juga:  Muslich Zainal Abidin Sebut, Menyeragamkan Tembakau dengan Narkoba Merugikan Petani dan Kontribusi Ekonomi

Lingkungan RW09 dinilai cocok sebagai lokasi khusus pelaksanaan ‘Desa Caraka’. Sudah hampir delapan unsur kegiatan terintegrasi yang tercantum dalam program ‘Desa Caraka’.

Diantaranya adalah Posyandu Multifungsi Digital, Pusat Pendidikan Anak Usia Dini, Pusat Penyuluhan dan Informasi Remaja (PIK-R), RW Ramah Anak, Kampung Keluarga Berencana (Kampung KB), Sustainable Food Courtyard atau Rumah Pangan Lestari, Posbindu, dan Kampung Iklim ( Proklim).

Baca juga:  Kritisi Pemakaian TKA Sebagai Pengawas IKN, DPR RI : Ini Tamparan Buat Kementerian PUPR

“Semoga dengan dilaksanakannya berbagai kegiatan di Kampung Caraka RW 09 dapat membantu meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kecamatan Cipayung”,  harap Zayadi.

Ditempat yang sama, Kader Pokja IV TP PKK Kelurahan Cipayung Rohyani menyebut, bahwa Pepaya yang dipanen akan diolah menjadi berbagai jenis makanan oleh warga sekitar. Ini termasuk keripik Pepaya, Selai, dan Permen yang terbuat dari daun Pepaya.

Baca juga:  Gempa Bumi Magnitudo 3,8 Terjadi di Supiori, Papua: Update BMKG Mengenai Informasi Terbaru.

Para Ibu akan dibekali berbagai keterampilan, termasuk keterampilan kuliner, sehingga diharapkan hasil olahan tersebut dapat menjadi salah satu sumber pendapatan ekonomi keluarga.

“Harapannya bisa ada nilai jual untuk meningkatkan ekonomi kesejahteraan warga’, imbuhnya.(Roni)

 

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait