website statistics
26.4 C
Indonesia
Mon, 22 July 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

26.4 C
Indonesia
Monday, 22 July 2024 | 19:43:00 WIB

Saksi Kunci Perkara Yusra Tak Dihadirkan dalam Sidang, Mathilda: Benang Merah jadi Terputus

DEPOK | detikNews – Penasehat hukum terdakwa, Mathilda SH, kecewa akan keputusan Jaksa Penuntut Umum yang tidak menghadirkan Oktavia Safitri, istri almarhum Mulya Wibawa, dalam persidangan. Menurut Mathilda, Oktavia merupakan saksi kunci dalam perkara Yusra Amir.

“Oktavia Safitri merupakan saksi kunci penerima uang yang tidak pernah dihadirkan dalam persidangan oleh Penuntut Umum dengan alasan mereka sudah cukup memiliki bukti,” ujar Mathilda, Rabu (26/06/2024).

Mathilda menduga Jaksa Penuntut Umum sengaja menyembunyikan fakta penting ini.

Baca juga:  Keberhasilan Pokmas Kelurahan Tapos dalam Pemberdayaan Masyarakat

Oktavia Safitri adalah istri almarhum Mulya Wibawa, dan pernah diperiksa sebagai saksi saat penyidikan di Polres Metro Depok.

Lebih detail dikatakannya, dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) No. 7, Oktavia menyatakan tidak mengenal Yusra Amir dan hanya mengetahui bahwa suaminya memiliki bisnis dengan saksi pelapor, Daud Kornelius.

Oktavia Safitri mengatakan dalam BAP bahwa setelah suami meninggal dunia, Daud Kornelius menceritakan hubungan bisnis antara suaminya, Mulya Wibawa, dengan Daud Kornelius dan Yusra Amir, jelas Mathilda.

Baca juga:  Kerjasama Media dan Pemerintah Kota Depok Dorong Pembangunan Inklusif

Oktavia juga menyatakan dalam BAP bahwa ia hanya mendengar cerita tersebut dari Daud Kornelius beserta bukti-bukti yang diperlihatkan olehnya.

Mathilda juga mempertanyakan Pembuatan kwitansi-kwitansi yang di duga skenario terkait dengan transaksi tersebut. 

“Siapa yang membuat kwitansi ini, untuk kepentingan siapa, dan kapan dibuat?” ucap Mathilda.

Mathilda menekankan bahwa kehadiran Oktavia Safitri di persidangan sangat penting untuk mengungkap cerita tentang penerimaan uang sebesar Rp 2 miliar yang dikumpulkan oleh teman-teman suaminya, yaitu Daud Kornelius, Kamaruddin, Gunawan, Daud Sekarmadidjaja, dan Eddy Kimas, yang masing-masing memberikan nilai senilai Rp 400 juta.

Baca juga:  Wakil Ketua Baleg DPR Ingatkan Pemerintah, Segera Terbitkan Aturan Turunan UU TPKS untuk Penanganan Kekerasan Seksual yang Optimal

“Dengan dihadirkannya Oktavia Safitri, dapat terungkap transaksi yang dilakukan Mulya Wibawa dalam perkara ini, baik dengan memperlihatkan rekening koran suaminya maupun bukti-bukti lainnya,” ujar Mathilda.

Ia menambahkan bahwa tanpa kehadiran Oktavia sebagai Saksi, benang merah kasus ini menjadi terputus. (edh) 

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait