website statistics
24.4 C
Indonesia
Mon, 15 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

24.4 C
Indonesia
Monday, 15 April 2024 | 22:07:04 WIB

Sambut Bulan Suci DPD PKS Kota Depok Gelar Acara Tarhib Ramadhan, di Kantor DPC PKS Beji

Depok | detikNews.co.id – Bertempat di Gedung Kantor DPC PKS Kecamatan Beji, Jalan Ridwan Rais Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) menggelar acara Tarhib Ramadhan 1444H, sebagai bentuk rasa syukur atas datangnya Bulan yang Suci. Dihadiri KH. Ahmad Dimyati Badruzzaman sebagai Ketua Umum MUI Kota Depok Masa Khidmat 2019-2024, Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Depok KH. Dr. Iie Naseri Muhammad, bersama jajaran para petinggi PKS Depok, acara berjalan lancar sampai usai.

H.Ir.Imam Budi Hartono Ketua DPD PKS Kota Depok mengatakan, bahwa acara Tarhib Ramadhan tersebut digelar, guna menyambut dan mempersiapkan diri akan datangnya Bulan Suci Ramadhan 1444H.

“Acara ini bertujuan untuk menyambut bulan suci Ramadhan dengan persiapan bekal ilmu dan amal, agar Ramadhan tahun ini menjadi Ramadhan terbaik”, ujar Wakil Walikota Depok, Selasa 22/3/2022.

Baca juga:  BSI Flash 2023: Wakil Wali Kota Depok Dorong Pembinaan Sportifitas dan Keterampilan dalam Lomba Bola Voli SMA

Ketua DPD PKS Kota Depok ini juga berharap, agar pada Ramadhan 144H ini kegiatan – kegiatan keagamaan bisa kembali dimaksimalkan, agar pada Ramadhan tahun ini seluruh Masjid menjadi makmur.

“Kami berharap masyarakat Kota Depok dapat kembali memaksimalkan ibadah – ibadahnya di Masjid, karena sudah 2 tahun Pandemi, dan Semoga seluruh Masjid di Kota Depok menjadi makmur”, tambahnya.

“Kami biasa dalam setiap bulan Ramadhan melakukan beberapa kegiatan kemasyarakatan antara lain : Pembagian takjil disetiap DPRA/Kelurahan disetiap pekan, Bukber bersama tokoh dan masyarakat setiap DPC/Kecamatan, Santunan yatim dan zapata untuk masyarakat miskin, Seruan itikaf 10 hari terakhir, Halal bihalal lebaran, dan para Kader PKS Kota Depok diharapkan Khataman Al-qur’an minimal 1 kali selama Ramadhan”, ungkap Wakil Walikota Depok.

 

Sementara itu, H.Imam Musanto.S.Pd.MM, selaku Ketua Bidang Pembangunan Ummat mengatakan, acara Tarhib Ramadhan adalah agenda kegiatan rutinitas tahunan untuk menyambut kedatangan Ramadhan, yang isinya adalah pembelajaran ilmu agama serta amalan – amalan dalam menjalankan Ibadah pada bulan Suci Ramadhan.

Baca juga:  Warga Apresiasi Pemasangan PJL di Tapos Depok

“Biasanya Tarhib Ramadhan dikemas dalam bentuk kegiatan bersama. Dalam kegiatan acara Tarhib Ramadhan tersebut terdapat pembelajaran amalan-amalan yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan diri menghadapi bulan puasa”, ujarnya.

“Jadi, tarhib Ramadan merupakan kegiatan menyambut bulan Ramadhan dengan segala kesiapan, keluasan, serta kelapangan jiwa serta raga, dan setiap negara memiliki tradisi Tarhib Ramadhan yang berbeda-beda sebagai bentuk suka cita, sesuai dengan kultur wilayahnya masing – masing”, sambungnya.

Politisi yang juga Ulama kharismatik ini menambahkan, hal utama yang dilakukan sebagai langkah persiapan diri menuju Bulan Ramadhan adalah memperbaiki hubungan dengan Allah SWT dan sesama manusia (Hablumminallah dan Hablumminannas).

“Sadar dan tanpa kita sadari selama ini, kita mungkin telah sering melakukan perbuatan-perbuatan yang membuat murka Allah SWT, maka sebelum menyambut Bulan Ramadhan hendaklah melakukan taubat nasuha, begitupun bagi yang memiliki permasalahan dengan rekan dan saudaranya, agar segera selesaikan dan meminta maaf pada mereka, sebab hubungan yang menyangkut dengan sesama manusia tidak bisa diselesaikan dengan memohon ampun pada Allah SWT saja. Namun, harus mendatangi mereka satu persatu untuk meminta maaf dan berjabat tangan”, ungkap Bang Imun.

Baca juga:  Cilangkap Punya Gedung Kelurahan Baru, Ini Pesan Walikota Depok

“Tarhib adalah salah satu cara memberikan pelajaran keagamaan, dengan memberikan dorongan (motivasi) kepada umat, untuk memperoleh kegembiraan atas datangnya bulan kebaikan. Semoga pada bulan Ramadhan tahun ini, kita semua selalu diberikan kesehatan, keistiqomahan dalam menjalani ibadah, serta peningkatan kepedulian sosial menuju hari kemenangan yang fitri pada akhirnya”, pungkas Bang Imun.(Ar)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait