website statistics
22.4 C
Indonesia
Thu, 18 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Thursday, 18 April 2024 | 20:48:14 WIB

Sambut HUT RI Ke-77, Warga Kampung Lio Gelar Acara Upacara Hari Kemerdekaan Dengan Seragam Unik

Depok | detikNews – Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77, Warga Kampung Lio, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, menggelar upacara bendera yang unik. Dalam kegiatan upacara tersebut, para peserta diwajibkan memakai seragam sekolah mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), serta Sekolah Menengah Atas (SMA).

Dengan beragam unik pakaian ala anak-anak sekolah, upacara dilaksanakan dengan hikmad dan meriah. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk ungkapan rasa syukur atas kemerdekaan yang telah diraih para pejuang, serta untuk mengenang masa-masa lalu saat masih remaja.

Suhanda, Ketua RW/013 selaku pembina upacara mengatakan, bahwa acara tersebut dilaksanakan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan Kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca juga:  Nonton Bareng Gerhana Matahari Hibrida di TIM 20 April, 1.000 Kacamata Dibagikan

“Memperingati HUT RI ini bertujuan untuk mengenang dimana jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia ini. Sehingga Indonesia menjadi merdeka dari para penjajah, dan semakin maju di masa depan”, ucapnya, Rabu 17/8/2022.

Hal senada dikatakan Ucup Supriadi yang biasa disapa Uchay yang mengatakan, bahwa momen acara HUT RI ke-77 ini adalah selain sebagai ungkapan rasa syukur dari masyarakat Kampung Lio terhadap jasa para pejuang, juga sebagai ajang silaturahmi warga guna mempererat hubungan sosial kemasyarakatan.

Baca juga:  Gelar Press Conference & RE- Launching, Cyberjek Siap Bersaing Dikancah Transportasi Nasional

“Dalam momentum ini saya sangat senang, ditambah lagi dengan beragam pakaian para peserta upacara mulai dari SD, SMP, dan SMA. Ini mengingatkan kita waktu sekolah”, ujar Uchay.

“Semoga para generasi penerus kita kedepannya, terus mengadakan acara seperti ini, dimana sebelumnya selama Pandemi kita tidak melaksanakan kegiatan HUT RI. Harapan saya semoga Indonesia segera bangkit dan pulih dari keterpurukan dampak Pandemi”, lanjutnya.

Lebih jauh Uchay menambahkan, bahwa Upacara Bendera bukanlah kegiatan yang hanya sekedar berdiri beberapa menit saja, dalam pelaksanaannya kegiatan ini bermakna bahwa Indonesia adalah Negara yang telah merdeka.

“Nilai-nilai karakter yang dapat ditumbuhkan melalui upacara bendera antara lain: religius, disiplin, tanggung jawab, semangat kebangsaan, cinta tanah air, patriotisme dan nasionalisme. Hal ini tentunya buah dari jasa para pahlawan yang berjuang hingga titik darah penghabisan bahkan terusir dari ibu pertiwi yang kita cintai”, sambung Uchay.

Baca juga:  Berita Terbaru: BRI Peduli Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir di Beberapa Daerah di Indonesia

“Tanggal 17 Agustus bukanlah akhir dari segalanya. Namun ini adalah awal dari perjuangan baru dimana bangsa Indonesia memiliki kemandirian dalam menjalankan roda pemerintahan. Kemerdekaan memiliki beberapa makna mendalam, satu diantaranya dapat menumbuhkan rasa saling menghargai dan menghormati. Dengan kemerdekaan yang kita dapatkan, kita harus selalu menghargai jasa pahlawan yang telah berjuang meraih kemerdekaan dan menjaga negeri ini dengan jiwa nasionalisme yang tinggi. Dirgahayu Indonesiaku tetap jayalah negeriku”, tutup Uchay.(Arifin)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait