website statistics
29.4 C
Indonesia
Fri, 19 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

29.4 C
Indonesia
Friday, 19 April 2024 | 12:52:27 WIB

Satgas DPUPR Kota Depok Bersihkan Sampah di Kali Cabang Tengah Pancoran Mas

Depok | detikNews – Satuan Tugas (Satgas) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok telah mengirimkan satu regu yang terdiri dari 10 personel untuk melakukan pengangkatan sampah di Kali Cabang Tengah, Pancoran Mas yang terletak di Balai Kota Depok. Pekerjaan ini dilakukan secara rutin untuk mencegah terjadinya penumpukan sampah yang dapat menimbulkan masalah baru.

“Kami turunkan satu regu satgas untuk melakukan pengangkatan sampah Kali Cabang Tengah. Sampah ini terbawa dari hulu menuju hilir dan tersangkut di jaring pembatas yang sengaja dipasang. Sterofoam hingga kasur bekas berhasil di angkut”, terang Kepala DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty, Selasa (09/05/23).

Baca juga:  Mengoptimalkan Kegiatan Reses, H.Imam Musanto Konsisten Membangun Hubungan dan Berdialog Aktif dengan Masyarakat 

Menurut Kepala DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty, sampah terbawa dari hulu menuju hilir dan tersangkut di jaring pembatas yang sengaja dipasang dan sampah harus segera diangkat agar tidak menimbulkan masalah baru seperti banjir atau luapan air akibat sumbatan sampah.

“Tidak ada target untuk pengangkatan sampah ini. Karena yang sudah-sudah, setelah diangkat, sampah akan ada lagi dan lagi. Terlebih saat musim hujan, dimana sampah mudah sekali terbawa arus”, ucapnya.

Baca juga:  Resmi Daftarkan 50 Orang Bacalegnya, PPP Depok Targetkan Peningkatkan Partisipasi Pemilih dan Rebut 8 Kursi di Pileg 2024

Selain Satgas DPUPR, pihaknya juga menerjunkan satu unit dumptruk untuk mengangkut sampah dan dibawa ke Tempat Penampungan Akhir (TPA) Cipayung. Citra mengatakan bahwa tidak ada target untuk pengangkatan sampah ini karena setelah diangkat, sampah akan terus ada. Terlebih saat musim hujan, dimana sampah mudah sekali terbawa arus.

“Kami harap, masyarakat juga turut membantu pemerintah dalam melakukan normalisasi saluran air. Kami juga meminta warga untuk menjaga dan merawat lingkungan”, sambungnya.

Baca juga:  Komunitas Visioner Imbau Pemkot Depok Berikan Transparansi Pelayanan Publik dan Anggaran Hingga Tingkat Kelurahan

Citra berharap, masyarakat bisa bahu membahu melakukan normalisasi saluran secara swadaya. Terlebih lagi, saat ini memasuki musim penghujan yang rentan terjadi genangan maupun banjir.

“Jenis sampah bervariasi, namun didominasi oleh styrofoam. Kendala di lapangan, kalau sampah sudah di kali itu jadi berat. Jadi butuh tenaga lebih untuk mengangkatnya”, tandasnya.

Sementara itu, Koordinator Satgas Lapangan DPUPR Depok, Rahmat Syarifudin mengatakan, bahwa pekerjaan rutin dilakukan dan tidak ada target penyelesaian. Bahkan, beberapa pekan lalu juga telah dilakukan pembersihan di lokasi yang sama.(Arf)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait