website statistics
26.4 C
Indonesia
Tue, 27 February 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

26.4 C
Indonesia
Tuesday, 27 February 2024 | 14:16:09 WIB

Sekitar Sepuluh Ribu Warga Hadiri Penutupan HUT SULTRA Ke -58 dan Tipe – X Band Menjadi Guest Star

Baubau | detikNews – Sekitar sepuluh ribu warga Kota Baubau menghadiri penutupan HUT Sultra ke – 58 di Alun – Alun Kotamara, Sabtu (28/5/2022) kemarin malam.Dihibur Oleh Artis Ibukota (Tipe – X) yang menjadi acara penutupan.

Diperkirakan penutupan HUT Sultra dihadiri puluhan ribu orang karena sampai atap-atap juga banyak yang nonton,”ucap

Penanggung Jawab Event Organizer (EO) Kiramedia, Isei Audrey Nanti kepada Redaksi Detiknews, Sabtu (28/5/2022).

Rangkaian penutupan HUT Sultra ke-58 di antaranya, tarian oleh Sanggar Baubau, pemutaran video Oputa Yi Koo, pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah lomba stan pameran dan lomba tapak tilas, sambutan Gubernur Sultra Ali Mazi sekaligus menutup acara, pesta kembang api, penampilan artis lokal Grecya, dan Grup Band Tipe-X.

Gubernur Sultra, Ali Mazi dalam menutup acara tersebut turut mengapresiasi tuan rumah penyelenggara kegiatan yaitu Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau serta Pemerintah Kabupaten Buton.

“Penghargaan yang tinggi, layak juga disematkan kepada pemerintah Kota Baubau sebagai tuan rumah dan fasilitator pameran dan beberapa perlombaan terkait spirit Sultan Himayatuddin. Demikian pula kepada pemerintah Kabupaten Buton atas dukungannya pada penyelenggaraan Tapak Tilas Oputa Yi Koo 2022,” kata Gubernur Ali Mazi.

Ia mengungkapkan, banyak hal yang telah dicapai dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. Di antaranya Pameran Pembangunan Pariwisata & Ekonomi Kreatif, yang diselenggarakan oleh pemerintah provinsi.

“Sikap antusias dan respek dari masyarakat yang mengunjungi 80 stan pameran, serta aktivitas yang cukup ramai adalah capaian yang tidak saja mengagumkan, tapi itu bukti tidak terbantahkan bahwa kita memiliki kecintaan dan kebanggan kepada daerah ini,” katanya.

Selain itu, juga telah terjadi transaksi memadai, yang efeknya telah secara nyata menggerakkan roda perekonomian masyarakat sekitar sehingga patut diapresiasi. Tercatat bahwa nilai transaksi yang terjadi selama pameran berlangsung adalah kurang lebih 1 miliar rupiah, meskipun produk yang terjual masih didominasi oleh hasil UMKM, sedangkan jumlah pengunjung adalah sekitar 15.000 orang.

Terkait pelaksanaan lomba, Ali Mazi menyampaikan beberapa kritik dan pesan untuk dijadikan bahan evaluasi dan perbaikan pelaksanaannya di tahun-tahun mendatang.

“Adapun kritik seputaran pelaksanaan lomba tersebut, menyangkut logistik yang kurang terdistribusi secara merata, karena waktu pemberangkatan yang tidak bersamaan dari peserta, maka itu tetap akan menjadi catatan penting,” ujarnya.

Diketahui, HUT Sultra ke-58 ini dimulai sejak 22 hingga 28 Mei 2022 dengan berbagai rangkaian kegiatan. Tema yang diangkat yakni, “Sadar Sejarah Menuju Generasi Emas Sulawesi Tenggara”. (ND)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait