website statistics
22.4 C
Indonesia
Fri, 26 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Friday, 26 April 2024 | 6:03:52 WIB

Seminar Internasional Regional-CES Nasional Workshop 2023 di Kota Depok: Wujudkan Kolaborasi Internasional dalam Penataan Kota

Depok | detikNews – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah menjadi tuan rumah kegiatan Seminar Internasional Regional-CES Nasional Workshop 2023. Kerja sama ini merupakan hasil kolaborasi antara Pemerintah Pusat, Pemkot Depok, Universitas Indonesia (UI), Institute For Global Enviromental Strategis (IGES), dan Asia Pasific Network (APN) dari Jepang. Seminar yang dikemas dalam bentuk workshop ini bertujuan untuk membuka kesempatan Depok menjalin jaringan kerja sama secara internasional dengan negara-negara lain di dunia yang memiliki konsentrasi dalam bidang tata kota.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris menyambut baik kegiatan seminar ini dan berharap dapat menjadi solusi bagi berbagai permasalahan yang ada di perkotaan, bukan hanya masalah kemacetan, tetapi juga lingkungan hidup.

Baca juga:  Ngopi Bareng SWI Kota Depok, Menyegarkan Pikiran dalam Diskusi Sosial Kesehatan

“Oleh karenanya, seminar ini dalam rangka mewujudkan kolaborasi kita menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada di kota, tak hanya kemacetan saja, tapi juga persoalan lingkungan hidup,” ujarnya, usai menghadiri seminar internasional tersebut, di Aula Teratai Lantai 1 Balai Kota, Rabu (10/05/23)

Dalam kegiatan ini, para peserta juga akan melakukan tinjauan ke sejumlah tempat potensial di Kota Depok yang sejalan dengan tema, Perkotaan dan Pedesaan, seperti Alun-alun Kota Depok, persawahan di Kecamatan Tapos, dan cagar budaya di area Depok Lama.

Kiai Idris berharap kerja sama ini tidak hanya sekadar wacana, tetapi pikiran kolaboratif antara pemerintah, non-pemerintah, dan akademisi dapat terwujud dalam aksi nyata, khususnya dalam hal penataan Kota Depok yang kompleksitasnya sangat tinggi.

Baca juga:  Mengeluhkan Banyaknya Pengunjung Merokok di Taman Marga Satwa Ragunan, Jakarta Selatan, dan Menyarankan Sanksi Bagi Pelanggar

Hal ini juga didukung oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappeda) Kota Depok, Dadang Wihana, yang berharap para stakeholder yang berada dalam seminar ini dapat merumuskan kebijakan terkait perencanaan kota dan pedesaan yang nantinya akan dibawa ke level internasional.

“Poin pentingnya itu bisa merumuskan kebijakan terkait perencanaan kota dan pedesaan, nantinya rumusan itu akan dibawa ke level internasional,” jelasnya.

Baca juga:  Acara Lepas Sambut LPM Curug Tak Profesional, Diduga Panitia Lakukan Diskriminasi Terhadap Ketua LPM Terpilih

Seminar Internasional Regional-CES Nasional Workshop 2023 digelar di Kota Depok selama dua hari, dari tanggal 10 hingga 11 Mei 2023. Ketua Panitia Seminar Internasional Regional-CES Nasional Workshop 2023, Daniel Harvey Tulis mengungkapkan bahwa pihaknya ingin memperkenalkan Kota Depok hingga ke level internasional melalui seminar tersebut.

“Depok memiliki keunikan di tengah keberadaannya sebagai kota metropolitan, yakni tidak meninggalkan kawasan pedesaan yang berada di pinggir kota tersebut. Depok heritage menjadi salah satu ciri khas dari kota ini, dimana masih ada persawahan yang dipertahankan. Seminar ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan Kota Depok ke depannya,”pungkasnya. (Edh)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait