28.4 C
Indonesia
Sab, 3 Desember 2022
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

28.4 C
Indonesia
Sabtu, 3 Desember 2022 | 12:14:56 WIB

Sengketa Lahan UIII, Warga Bojong Malaka Do’a Bersama Usai Sidang

Depok | detikNews – Masyarakat Kampung Bojong-Bojong Malaka bersama Koalisi Rakyat Anti Mafia Tanah (Kramat) Depok, didepan Gedung Pengadilan Negeri (PN) Depok melakukan doa bersama usai persidangan perkara perdata nomor 259/Pdt.G/2021/PN.Dpk beragenda pembuktian saksi dari penggugat.

Do’a bersama yang dipimpin oleh Sekjen Kramat, Yoyo Effendi itu dipanjatkan untuk Almarhum Juru Tulis Desa Abdul Rosyid, dan perjuangan para warga Kampung Bojong-Bojong Malaka dalam memperjuangkan haknya.

“Alhamdulillah, saksi-saksi sudah menyampaikan keterangan di persidangan, dan kami juga memanjatkan doa secara bersama, khususnya untuk Almarhum Bapak Abdul Rosyid, dan warga Kampung Bojong-Bojong Malaka yang sedang berjuang mempertahankan haknya”, ujar Yoyo, Selasa 02/08/2022.

Lebih lanjut dikatakannya, dalam persidangan saksi-saksi sudah menyampaikan keterangan sejarah orang-orang Bojong, dan sejarah ini tidak bisa dibantah oleh siapapun, termasuk para kuasa hukum tergugat. Karena kampung Bojong-Bojong Malaka benar ada, dan tanahnya adalah tanah adat.

Baca juga:  Warung Nasi Dekat Polsek di Bobol Maling

Diungkapkannya juga, bahwa kehadiran Ibu Siti Asnah adalah saksi penting, karena salah satu bukti surat yang diajukan pihak penggugat ke Majelis Hakim adalah, berkaitan dengan Almarhum Bapak Abdul Rosyid, dan beliaulah yang memegang data Letter C nya.

“Kami sudah membuktikan secara surat, sudah membuktikan secara lokasi, dan sudah membuktikan secara saksi, bahwa Kampung Bojong-Bojong Malaka adalah benar ada, dan tanahnya tanah adat”, tegas Sekjen Kramat.

Sementara itu, Fikri Wijaya kuasa hukum penggugat mengatakan, persidangan kali ini, saksi menjelaskan keterangan terkait leter C1 dan C2.

“Saksi dari pihak kita sudah selesai, saksi terakhir dari kita menjelaskan soal leter C1 dan 2, dan kita tetap optimis dengan apa yang kita dalilkan sangat dikuatkan, dan diyakinkan oleh saksi bahwa dari dulu tanah tersebut memang tanah adat, bukan tanah negara”, tuturnya.

Baca juga:  Terjadi Penjambretan HP di Jakarta Utara, Kesaksian Warga: Pelaku Tewas di Tangan Korbannya

Dalam persidangan didepan Majelis Hakim, Siti Asnah (64) mengatakan, bahwa Almarhum suaminya Abdul Rosyid, dahulu adalah Juru Tulis di Desa Curug (saat ini menjadi Kelurahan Cisalak).

Dia pun melihat ada tumpukan buku tua, karena diminta oleh Almarhum Abdul Rosyid untuk merapikannya.

“Sebelum Almarhum Abdul Rosid meninggal, saya memang yang merapihkan berkas-berkas milik Almarhum, dan memang ada buku tua dan itu adalah Letter C”, sambung Siti Asnah.

Siti Asnah juga mengungkapkan, bahwa pada tahun 2010, buku Letter C tersebut masih dipegang oleh suaminya Almarhum Abdul Rosyid, dan Siti Asnah pun mengakui, bahwa dia tidak mengenal para penggugat.

Baca juga:  Polsek Cengkareng Bekuk Dua Orang Pembobol Rumah 

Untuk diketahui, warga pemilik tanah adat Kampung Bojong-Bojong Malaka, Kelurahan Cisalak, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat menggugat, tujuh instansi pemerintah terkait hak dan kepemilikan tanah seluas 121 hektar yang saat ini diduduki, dikuasai, dan digunakan untuk pembangunan Kampus Universitas Islam Internasional (UIII).

Adapun instansi pemerintah yang digugat adalah, Departemen Penerangan Republik Indonesia (sekarang Kementerian Informasi dan Komunikasi), Lembaga Penyiaran Publik, Kementerian Agama Republik Indonesia, Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII),
Kantor Pertanahan Kota Depok, Kanwil BPN Jawa Barat dan Kementerian ATR/BPN RI.(Emy)

Komentar

-Iklan Pembuatan Website Berita-spot_img

Berita Terpopuler

Sitialimah Aceh Meminta Perlindungan Hukum di Polres Nias

Nias, Gerbang Indonesia - Terjadi pengancaman atas diri Sitialimah Aceh yang dilakukan oleh sekelompok oknum keluarga TBN LS bersama dangan kawan-kawannya pada hari Sabtu...

Saat Perbaiki Mesin, Kernet Truk Ditabrak di Tol Jakarta Tangerang

Reporter: Sawijan Jakarta | detikNews.co.id - Disaat memperbaiki truknya yang mogok kernet truk berinisial HDR meninggal dunia di Jalan Tol Jakarta-Tangerang Km 04.300 pada Selasa...

Pj Walikota Dukung Komitmen Akreditasi RSUD Kumpulan Pane

Reporter: J. Saragih Tebing Tinggi| detikNews - Pemerintah Kota bersama jajaran UPTD RSUD dr H. Kumpulan Pane Tebing Tinggi mendeklarasikan komitmen Akreditasi demi upaya mewujutkan...

Riswanto Tukang Becak, Kini Jadi Juragan Buah

Pemalang | detikNews - Adalah Riswanto seorang lelaki berusia 30 tahun, warga Kaligelang, Kecamatan Taman, Pemalang Jawa Tengah. Seorang yang mengalami pasang surutnya kehidupan,...

Penganiaya Ibu Rumah Tangga di Tarutung, berhasil Diringkus Sat Reskrim Polres Taput

Tapanuli Utara, Gerbang Indonesia - Setelah lima hari melarikan diri, tersangka penganiaya seorang ibu rumah tangga atas nama korban Stevy Simanjuntak ( 30 )...

Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga di Desa Bontonyeleng

Reporter: Wahyudi Bulukumba | Gerbang Indonesia - Hujan deras disertai angin kencang menerjang beberapa titik di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel), Tak terkecuali di Desa...
-Iklan Pembuatan Website Berita-spot_img
Berita terbaru
Berita Terkait