website statistics
25.4 C
Indonesia
Thu, 18 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

25.4 C
Indonesia
Thursday, 18 April 2024 | 10:13:51 WIB

Sensasi Lumer di Lidah! Resep Kue Lumpur Abon, Jajanan Tradisional Lembut dan Gurih

Depok | detikNews – Kue Lumpur Abon adalah salah satu jenis kue yang memiliki rasa gurih dan tekstur yang lembut di bagian dalam, namun renyah di bagian luar. Kombinasi antara abon yang gurih dengan adonan tepung yang lembut menjadikan kue ini sangat disukai oleh banyak orang. Di artikel ini, kita akan membahas resep lengkap untuk membuat Kue Lumpur Abon yang lezat dan menggugah selera. Yuk, simak langkah-langkahnya!

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 200 gram tepung terigu
  • 2 sendok makan tepung maizena
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 butir telur
  • 300 ml susu cair
  • 2 sendok makan mentega, lelehkan
  • 100 gram abon sapi
  • Minyak untuk menggoreng
Baca juga:  Cara Tersendiri untuk Menyimpan Roti Burger agar Tetap Lembut Saat Dimakan

Langkah-langkah:

  1. Siapkan wadah besar, masukkan tepung terigu, tepung maizena, baking powder, dan garam. Aduk rata hingga tercampur secara merata.
  2. Buat lubang di tengah adonan tepung, lalu masukkan telur dan susu cair. Aduk perlahan menggunakan whisk atau spatula hingga tercampur rata. Pastikan tidak ada gumpalan tepung.
  3. Tambahkan mentega leleh ke dalam adonan, aduk kembali hingga tercampur sempurna.
  4. Diamkan adonan selama sekitar 15-20 menit agar mengembang.
  5. Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang.
  6. Ambil satu sendok sayur adonan kue lumpur, lalu tuangkan ke dalam wajan yang sudah dipanaskan. Jika wajan cukup besar, Anda dapat menggoreng beberapa kue lumpur sekaligus. Pastikan tidak terlalu banyak karena bisa membuat kue lumpur sulit matang secara merata.
  7. Tunggu beberapa saat hingga bagian bawah kue lumpur berwarna kecokelatan dan matang, kemudian balik kue lumpur dengan menggunakan spatula atau sumpit. Goreng hingga kedua sisi kue lumpur berwarna kecokelatan dan matang sempurna.
  8. Angkat kue lumpur dari wajan, lalu tiriskan di atas kertas minyak atau tisu dapur untuk menghilangkan kelebihan minyak.
  9. Setelah semua kue lumpur matang, taburi permukaannya dengan abon sapi. Anda juga dapat menambahkan taburan daun bawang cincang atau bahan lain sesuai selera.
  10. Kue Lumpur Abon siap disajikan! Sajikan dalam keadaan hangat untuk mendapatkan sensasi nikmatnya yang berpadu antara lembutnya kue lumpur dengan gurihnya abon sapi.
Baca juga:  Bola-bola Cokelat Legit: Resep Lezat yang Menggoda Lidah

Kue Lumpur Abon merupakan salah satu pilihan camilan yang cocok untuk dinikmati bersama keluarga atau teman. Resep di atas cukup sederhana dan mudah diikuti. Dengan sedikit usaha, Anda dapat menikmati kue lezat yang gurih dan renyah. Selamat mencoba. (In)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait