website statistics
26.4 C
Indonesia
Tue, 27 February 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

26.4 C
Indonesia
Tuesday, 27 February 2024 | 13:32:57 WIB

Senyum Warga Surabaya, BLT PKH Tahap 4 Cair

Surabaya | detikNews – Sebuah senyum bahagia menghiasi wajah warga Surabaya seiring dengan penyaluran bantuan sosial (Bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) tahap 4 yang dilaksanakan oleh Kementerian Sosial pada bulan November 2023 ini.

Bansos PKH tahap 4 ini disalurkan khusus untuk keluarga yang terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Proses pencairan bansos PKH tahap 4 ini dapat dilakukan melalui Kantor Pos Indonesia. Warga yang berhak menerima bantuan ini diwajibkan membawa surat undangan pencairan bansos serta dokumen identitas kependudukan seperti Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Proses penyaluran bansos ini telah dimulai pada Rabu pagi (29/11) di wilayah Surabaya.

Baca juga:  Tatalaksana Pembentukan Panitia 3 dan Pelaksanaan Pemilihan RT/RW Warga Wilayah Bumiarjo Surabaya

Bagi warga yang ingin melakukan pengecekan apakah mereka termasuk dalam daftar penerima bansos PKH tahap 4 yang akan dicairkan pada bulan November, dapat mengakses situs resmi Kemensos melalui link cekbansos.kemensos.go.id. Namun, semua prosedur ini tentu saja telah melalui kajian dan persetujuan dari pemerintah pusat.

Penerima bansos PKH adalah warga yang telah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Proses pendaftaran tidak diperlukan lagi karena data penerima sudah diambil dari DTKS.

Baca juga:  Sat Sabhara Polres Toba Giat Pembagian Masker dengan Himbauan Tetap Terapkan Prokes 

Berikut adalah cara sederhana untuk melakukan pengecekan penerima bansos PKH:

  1. Kunjungi situs resmi Kemensos di cekbansos.kemensos.go.id.
  2. Pilih lokasi sesuai dengan data pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) seperti Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, dan Kelurahan.
  3. Tulis nama sesuai dengan yang tertera pada KTP.
  4. Masukkan kode verifikasi yang muncul pada kotak yang disediakan.
  5. Klik tombol ‘CARI DATA’.
  6. Tunggu sistem cekbansos Kemensos menampilkan hasil.
Baca juga:  Kajian Talkshow "Peran Diskominfo dan Media Berita Online Sebagai Penyeimbang Kondusifitas Daerah"

Dengan adanya informasi ini, diharapkan masyarakat dapat dengan mudah memastikan apakah mereka termasuk sebagai penerima bansos PKH tahap 4 yang akan dicairkan pada bulan November. Semoga bantuan ini dapat memberikan manfaat dan meringankan beban ekonomi bagi keluarga penerima, serta membawa senyum kebahagiaan bagi warga Surabaya. (okik)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait