website statistics
24.4 C
Indonesia
Wed, 24 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

24.4 C
Indonesia
Wednesday, 24 April 2024 | 9:58:49 WIB

Serakah, Inilah Cara Pade Bersama Relawan Ambulance Berburu Kebaikan di Bulan Ramadhan 1445H

Depok | detikNews – Bertempat di Boulevard Perumahan Grand Depok City (GDC) Patwal Ambulance Depok (PADE) bersama Relawan Ambulance Depok, menggelar aksi ‘SERAKAH’ (Sembari Berbuka Berbagi Keberkahan) dengan membagikan ratusan paket Takjil kepada para pengguna jalan dan masyarakat yang membutuhkan saat jelang waktu berbuka puasa.

Haris Ketua PADE menyebut, bahwa giat aksi sosial tersebut dilakukan selain untuk menuai keberkahan di bulan suci Ramadhan 1445H, juga didasari atas implementasi nilai – nilai kebersamaan yang telah tercipta dari para jajaran PADE dan Relawan Ambulance Kota Depok yang setelah sekian lama menjalin sinergitas relawan kemanusiaan khususnya di Kota Depok.

Patwal Ambulance Depok (PADE) bersama Relawan Ambulance Depok Membagikan Takjil kepada para pengguna Jalan.(Foto : detikNews.co.id)

“Menurut kami, berbagi Takjil mampu memperkuat rasa kebersamaan dan persatuan di antara sesama umat Islam. Melalui kegiatan berbagi ini, kita diajarkan untuk peduli dan membantu sesama, tanpa memandang perbedaan status sosial atau latar belakang”, ucap Haris, Minggu 31/3/2024.

Baca juga:  Peristiwa Angin Puting Beliung Melanda Sumur Pandeglang, Menyebabkan Kerusakan pada 13 Rumah

“Ada 400 buah paket Takjil yang kami bagikan hari ini, dan melalui program ini, kita dapat merasakan manfaat besar secara spiritual dan sosial, untuk sedikit membantu meringankan beban sesama yang sedang berpuasa”, terangnya.

Mengutip hadist shahih Haris mengungkapkan, bahwa ‘Rasulullah SAW pernah ditanya : Sedekah apakah yang paling mulia? Beliau ‎menjawab: ‘Yaitu sedekah di Ramadhan’ (HR Tirmidzi)‎.

“Walaupun secara nilai ekonomisnya tidak besar, tapi nilai kebersamaan serta kepedulian terhadap sesama sangat perlu terus di tanamkan dan dirasakan setiap umat manusia.

“Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir ‎biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah SWT ‎melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha luas, ‎Maha mengetahui (QS Al Baqarah: 261)”, ungkapnya.

Patwal Ambulance Depok (PADE) bersama Relawan Ambulance Depok, menggelar aksi ‘SERAKAH’ (Sembari Berbuka Berbagi Keberkahan) di kawasan Boulevard GDC.(Foto : detikNews.co.id)

Sementara itu, Sulis Sudaryanto Koordinator Ambulance Imun Center mengatakan, bahwa dengan berbagi berkah di bulan Ramadhan, akan dapat memperkuat rasa solidaritas dan rasa saling peduli antar sesama serta dapat membawa kebaikan bagi si pemberi dan si penerimanya.

Baca juga:  Kontroversi Pembangunan UIII Depok, Warga Kampung Bulak Tolak Uang Santunan

“Manusia merupakan khalifah di bumi yg diciptakan oleh Allah SWT untuk mengurus dunia (Bumi) dan menjadikannya jauh dari kerusakan. Sangat penting bagi makhluk bumi untuk saling mengasihi, baik itu makhluk material maupun imaterial”, ujar Sulis.

“Agar keserakahan dan ketamakan tidak menguasai, maka Allah SWT memerintahkan agar seluruh makhluk untuk dapat berbagi. Termasuk manusia sebagai mahluk sosial yang memang seyogyanya saling tolong menolong, meskipun kita tercipta atas segala perbedaan, saling membantu serta saling menolong untuk meringankan beban itu merupakan kewajiban”, imbuhnya.

“Sebenarnya, Bumi ini cukup untuk memenuhi kebutuhan kita semua, tetapi tidak akan pernah cukup untuk memenuhi keinginan segelintir kecil manusia yang serakah dan tamak. Semoga aksi ‘SERAKAH’ (Sembari Berbuka Berbagi Keberkahan) dari kami ini, bisa menjadi salah satu wasilah terwujudnya implementasi nilai – nilai sosial kemanusiaan untuk seluruh umat manusia, khususnya di Kota Depok ini, dan dengan adanya kegiatan ini kita sudah menjadi wakil Tuhan untuk menyelamatkan mahkluknya”, tandas Sulis.

Baca juga:  Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,9 Mengguncang Ternate, Maluku Utara Tanpa Potensi Tsunami
400 paket Takjil dibagikan Patwal Ambulance Depok (PADE) bersama Relawan Ambulance Depok di jalan Boulevard GDC.(Foto : detikNews.co.id)

Untuk diketahui, bahwa aksi sosial ‘SERAKAH’ dan berbuka puasa bersama yang digelar PADE bersama para Relawan Ambulance tersebut, didanai dari hasil kolektif para anggotanya, dengan tujuan utama mencapai ridho ilahi.

Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api. (HR. Tirmidzi, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614). ‘Karena sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan, dan meminjamkan kepada Allah SWT pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (ganjarannya) kepada mereka, dan bagi mereka pahala yang mulia’ (Qs. Al Hadid: 18). Artinya bersedekah bukan berarti harus menunggu kaya, sedekah tidak akan mengurangi rezeki kita.(Arifin)

 

 

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait