website statistics
23.4 C
Indonesia
Sun, 21 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Sunday, 21 April 2024 | 2:21:32 WIB

Serbuan Mata Ikan, Rugikan Petani

Pemalang | detikNews – Petani sayur kangkung di Pemalang Jawa tengah, mengalami gagal tanam, pasal nya Balongan (Lahan air buat tanam sayur kangkung) tidak bisa di tanami lagi. Ratusan meter persegi Balongan yang biasanya ditanami sayur kangkung, tidak bisa di gunakan lagi, akibat dari menjalarnya tanaman parasit air.

Daipah seorang warga Mengoneng, Kelurahan Bojong Bata, Pemalang kota, sudah beberapa bulan ini, tidak bisa menanam serta memetik sayuran kangkung , yang menjadi salah satu mata pencahariannya, menceritakan mata ikan atau mata lele, tadi nya tidak seberapa banyak, tumbuh di sekitar Balongan miliknya.

“Sedikit demi sedikit saya singkirkan, jika tumbuhan air itu ada bersamaan sayuran kangkung”, ucapnya.Minggu 27/3/2022.

“Disamping menjadi parasit sayuran kangkung, mata ikan ini kalau kena permukaan kulit sangat gatal. Tapi kenapa semakin saya singkirkan malah semakin banyak”, lanjut Daipah.

Tumbuhan air dengan kelopak daun lebar, berwarna hijau ini, sebetulnya bisa digunakan sebagai pelindung ikan termakan, seperti lele, mujaher atau nila, disamping sebagai pelindung juga bisa dibuat sebagai sarana menegaskan telur – telur ikan tersebut.

Daipah berharap , ada peternak ikan yang mau mengambil tumbuhan penganggu di Balongan sayur kangkung milik nya , agar dia bisa beraktifitas menanam sayur kangkung kembali.(Ragil74)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait