website statistics
24.4 C
Indonesia
Sat, 18 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

24.4 C
Indonesia
Saturday, 18 May 2024 | 20:48:24 WIB

SIAP PPDB adalah Sistem untuk Melakukan Otomasi Seleksi PPDB Online

Reporter: Okik

Surabaya | detikNews – Meski penerimaan peserta didik baru tahun ajaran 2022/2023. masih di kisaran bulan Juni mendatang, namun Dinas Pendidikan Kota (Dispendik) Surabaya telah menyiapkan sistem PPDB online sejak dini. Hal tersebut bertujuan agar nantinya masyarakat dapat mengetahui segala informasi terkait PPDB online Surabaya sejak awal.

Kepala Dispendik Surabaya. Ir. Yusuf Masruh MM. menyampaikan bahwa masyarakat mulai sekarang ini sudah melakukan uji coba pendaftaran dengan harapan ketika PPDB online sudah dibuka masyarakat sudah mengetahui bagaimana serta tata cara pendaftarannya. Jumat (20/05).

Secara garis besar mekanisme sama seperti tahun lalu, masyarakat sudah dapat melakukan trial melalui ppdbsurabaya.net”, tutur Yusuf

Baca juga:  Natalia Rusli Terancam Hukuman 1 Tahun 3 Bulan, Korban Berharap 2,5 Tahun

Yusuf Masruh menyampaikan, Terkait PPDB 2022, terdapat Lima jalur, yakni jalur afirmasi kategori mitra warga, jalur perpindahan tugas orang tua, jalur zonasi, jalur prestasi nilai rapor, jalur prestasi perlombaan/pertandingan. Adapaun yang dimaksud dengan Jalur khusus yaitu jalur yang diperuntukkan bagi siswa berprestasi baik prestasi akademik maupun non akademik, mitra warga, serta inklusif.

Sebagai Informasi “SIAP PPDB Online adalah sebuah sistem yang dirancang untuk melakukan otomasi seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), mulai dari proses pendaftaran, seleksi hingga pengumuman hasil seleksi, yang dilakukan secara online dan berbasis waktu nyata (real-time).

Baca juga:  Sulap Anggaran Covid-19 Tahun 2020, Sekda Flotim Jadi Tersangka

Dalam aplikasi mobile ini Yusuf memaparkan” peserta juga dapat melakukan pencarian hasil seleksi. Anda pun akan mendapat notifikasi setiap terjadi perubahan atau pergeseran peringkat di sekolah yang anda pilih.

Selain itu, Yusuf menambahkan “Anda dapat turut serta mengirimkan pertanyaan atau pun komentar melalui fasilitas pesan anda.Terangnya.

Kami dari Dinas Pendidikan Kota Surabaya ingin membantu untuk siap mendampingi Bapak/Ibu Kepala Sekolah. Mari bersama-sama bersinergi mana yang harus didiskusikan,” ungkapnya.

Menurutnya, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) ini pekerjaan rutinitas setiap tahun. Namun setiap tahunnya mengalami perubahan.

Baca juga:  Tak Kunjung ada Penyelesaian Banjir, H.Imam Musanto Imbau Dinas SDA Bongkar Pintu Air Kali di Kelurahan Pancoran Mas

Perbedaannya untuk Tahun ini menggunakan data dari Dinas Sosial dimana Nomor KK sudah masuk DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) secara otomatis di jalur Afirmasi.

Saya berharap, nanti kita dari Dinas Pendidikan Kota Surabaya sebagai induk pelayanan yang intinya tidak ingin permasalahan yang dihadapi tidak terselesaikan. Kami siap untuk melayani,” ungkapnya.

Masih di Bulan Syawal ini, Saya atas nama pribadi mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin,” ucap Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya diakhir sambutan.(okik)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait