website statistics
27.4 C
Indonesia
Thu, 25 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

27.4 C
Indonesia
Thursday, 25 April 2024 | 18:45:15 WIB

Sinergi Baru untuk Kemudahan Memiliki Motor Listrik: PLN dan Himbara Bergandengan Tangan

Jakarta | detikNews – PT PLN (Persero) dan Himpunan Bank Negara (Himbara) bersinergi untuk memudahkan masyarakat mendapatkan bantuan pemerintah dalam kepemilikan sepeda motor listrik (Motlis). Himbara yang terdiri dari Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Tabungan Negara (BTN) dan Bank Syariah Indonesia (BSI) berkolaborasi untuk mempercepat ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) . Kolaborasi ini tidak hanya memudahkan masyarakat untuk membeli Motlis, tetapi juga memberikan skema pembiayaan yang lebih terjangkau.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyatakan perseroan bersama Himbara siap mendukung dan melaksanakan program bantuan pemerintah untuk kepemilikan KBLBB. Melalui sinergi ini, masyarakat tidak perlu lagi ragu untuk memiliki Motlis, karena selain memudahkan masyarakat untuk membelinya, juga memberikan skema pembiayaan yang lebih terjangkau.

“Kami menyambut baik dan mengapresiasi langkah berani pemerintah untuk mendukung percepatan transisi menuju ekosistem hijau di Indonesia, khususnya di sektor transportasi,” kata Darmawan dalam konferensi pers ‘Dukung Pengembangan Ekosistem KBLBB’ di Jakarta, Jumat (03/10/3).

Baca juga:  Tangerang Digital Festival 2023, Mengampanyekan 'Smart City' Menuju Kota Pintar yang Inovatif

Selain itu, sinergi ini juga akan memastikan bantuan pemerintah untuk kepemilikan Motlis tersalurkan dengan baik kepada mereka yang berhak. Masyarakat juga bisa mendapatkan kendaraan listrik melalui skema pembayaran yang mudah.

“Kami jamin prosesnya mudah dan praktis. Karena setiap pelanggan subsidi akan otomatis terverifikasi dalam proses transaksi. Dari sisi pembayaran, setiap transaksi di aplikasi PLN Mobile akan memberikan opsi pembayaran langsung melalui berbagai platform. Termasuk jika masyarakat menginginkannya. untuk mengajukan pembayaran kredit,” kata Darmawan.

Lebih lanjut Darmawan menambahkan, PLN juga menyiapkan berbagai insentif untuk setiap pembelian sepeda motor listrik melalui aplikasi PLN Mobile. Insentif tersebut antara lain voucher token listrik untuk pelanggan prabayar, diskon tagihan listrik untuk pelanggan pascabayar, voucher gratis tukar baterai, pemberian jaminan asuransi kecelakaan, hingga berbagai undian berhadiah umrah, sepeda motor listrik, dan mobil listrik.

Baca juga:  Civitas Akademika UDINUS Ciptakan Becak Listrik Otonom untuk Jelajahi Kota Lama Semarang

“Sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah ini, PLN akan memberikan berbagai insentif khusus pembelian sepeda motor listrik di aplikasi PLN Mobile,” kata Darmawan.

Percepatan ekosistem KBLBB juga merupakan upaya kolaboratif antara pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat untuk mencapai Net Zero Emissions pada tahun 2060.

“Kita berjalan bersama, tidak hanya dalam hal komitmen tetapi juga dalam hal kehadiran negara untuk kesejahteraan rakyat dan peningkatan kapasitas nasional. Bagaimana kita bisa berinovasi dan menguasai teknologi agar bisa menciptakan lapangan kerja, mempercepat pertumbuhan ekonomi , dan bersama menjaga lingkungan,” tambah Darmawan.

SEVP Micro & Consumer Finance Bank Mandiri Josephus K. Triprakoso mendukung dukungan Himbara untuk akselerasi kendaraan listrik di Indonesia. Bank telah menyiapkan skema untuk memudahkan masyarakat memiliki Motlis.

Baca juga:  Inovasi Sachrudin: Mendorong Pertumbuhan Usaha Lokal dengan E-Katalog

“Perbankan sebenarnya sudah menyiapkan skema yang menarik untuk mendukung peluncuran kendaraan listrik, di mana tarif dan tenornya akan sama. Jadi ini sebenarnya indikasi peran Himbara dalam membantu peluncuran kendaraan listrik,” ujar Josephus.

Pada kesempatan yang sama, SVP Corporate Banking 2 BNI Ditya Maharhani menyatakan pihaknya telah menyiapkan pembiayaan khusus bagi nasabah dan non nasabah BNI dalam program kepemilikan Motlis. Program tersebut antara lain memberikan penawaran terbaik dengan suku bunga kompetitif, serta kemudahan dan kecepatan dalam prosesnya.

“Tentunya kami menyambut baik kerjasama antara PLN dengan seluruh bank BUMN, termasuk BNI. Kami akan terus mengkaji potensi penguatan solusi dan layanan kami dalam memperluas penggunaan. (Emy)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait