20.4 C
Indonesia
Kam, 8 Desember 2022
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

20.4 C
Indonesia
Kamis, 8 Desember 2022 | 5:41:34 WIB

Sinergitas UPER dan UI, Ciptakan Program ‘Flash Track’ Sebagai Solusi Kuliah Kilat Masa Depan

Jakarta | detikNews – Survei CareerBuilder mengungkap dalam lima tahun terakhir, sebanyak 32 persen perusahaan telah meningkatkan persyaratan pendidikan untuk bekerja. Dalam survey yang sama, disebut bahwa 1 dari 4 perusahaan kini mempekerjakan lulusan bergelar Master (S2) untuk posisi yang sebelumnya diisi oleh lulusan Sarjana (S1).

Menyikapi kondisi itu, Universitas Pertamina (UPER) bekerja sama dengan Universitas Indonesia (UI), sebagai kampus terbaik versi Times Higher Education (THE) World University Impact Rankings 2022, melalui program ‘Flash Track’ bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).

“Program ini merupakan program percepatan belajar. Mahasiswa FEB bisa memperoleh gelar Sarjana dari UPER sekaligus gelar Magister Ilmu Administrasi dari UI, dengan menempuh waktu pendidikan hanya selama lima tahun. Jadi, ada efisiensi masa studi hingga satu tahun”, ucap Dekan FEB UPER, Dr. Dewi Hanggraeni, S.E., M.B.A, Selasa 14/06/2022.

Baca juga:  Gubernur Bali Gandeng Universitas Pertamina Lakukan Akselerasi Transisi Energi

Program yang akan dimulai pada Tahun Akademik 2022-2023 mendatang, memberikan kesempatan kepada mahasiswa FEB UPER untuk mengambil Credit Earnings Program (CEP) di semester tujuh.

‘Mereka kemudian akan mendapat mentoring dan pembekalan mengikuti seleksi masuk UI. Selanjutnya, Mahasiswa bisa langsung melanjutkan pendidikan Magister di UI tanpa melalui Matrikulasi lagi”, terang Dewi.

Dewi menyebutkan, selama menjadi Mahasiswa di UPER dan UI, para pendaftar di program ‘Flash Track’ tetap berkesempatan mengikuti berbagai program unggulan dari kedua kampus.

“Di UPER misalnya, mereka tetap bisa mendaftar berbagai program beasiswa, mengikuti pertukaran pelajar ke luar negeri, magang di industri, dan program unggulan lainnya”, jelasnya.

Dekan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI), Prof. Dr. Chandra Wijaya, M.Si., MM., mengatakan, program Flash Track ini adalah yang pertama dilakukan UI dengan kampus dalam negeri.

Baca juga:  Jihan Fifi. S: MPLS Tahun Ajaran 2022 SMKN 2 Tangerang Selatan Mudah Mudahan Bisa Menambah Daftar Prestasi Bagi Kita Semua di Sini

“Selain bertujuan melahirkan lulusan yang dapat terserap di dunia usaha dan industri, melalui program ini kami juga berharap dapat terjalin sinergi yang baik antara kedua institusi. Untuk meningkatkan kualifikasi lulusan dengan keunggulan dan ke-khasan yang dimiliki oleh masing-masing kampus”, ujar Chandra.

Lahir dari dunia industri, menjadikan UPER tidak hanya unggul dari segi kurikulum yang mutakhir, tetapi juga mumpuni dalam menghadirkan pengalaman praktis bagi Mahasiswa.

Selain kegiatan praktikum di laboratorium, para Mahasiswa juga secara rutin mendapat kuliah pakar dari para praktisi, melakukan kunjungan industri ke fasilitas milik Pertamina Group, dan magang industri baik di Pertamina Group maupun perusahaan lainnya.

Para Mahasiswa juga terbiasa melakukan pembelajaran berbasis proyek (project based learning), didukung penuh keikutsertaannya di ajang inovasi dan kewirausahaan, serta dilibatkan dalam proyek penelitian para dosen.

“Sehingga, program ‘Flash Track’ ini dapat menjadi penyempurna kualifikasi lulusan UPER untuk dapat bersaing di bursa kerja nantinya”, pungkas Dewi.

Baca juga:  IBH Minta Tolong Kesekolah Swasta di Depok

Selain program Flash Track dengan UI, UPER juga telah membuka program sejenis dengan sejumlah kampus kenamaan mancanegara, di antaranya: Universiti Teknologi Petronas (UTP) Malaysia, University of Nantes (Université de Nantes) Prancis, dan Malaysia Multimedia University.

Saat ini, kampus besutan PT Pertamina (Persero) tersebut kembali membuka pendaftaran Seleksi Nilai Rapor (Non Tes) dan Ujian Masuk Online periode Mei-Juni untuk Tahun Akademik 2022-2023.

Universitas Pertamina (UPER) juga menyediakan beasiswa dengan nilai total mencapai 23 Milyar Rupiah. Informasi lengkap terkait program studi serta syarat dan ketentuan pendaftaran dapat diakses di laman https://pmb.universitaspertamina.ac.id .(Arifin)

——————————————-
Narahubung:
Ita M. Hanika – Manajer Humas Universitas Pertamina
No. HP: 0812 1972 8373
E-mail: ita.mh@universitaspertamina.ac.id
——————————————-

Komentar

-Iklan Pembuatan Website Berita-spot_img

Berita Terpopuler

Sitialimah Aceh Meminta Perlindungan Hukum di Polres Nias

Nias, Gerbang Indonesia - Terjadi pengancaman atas diri Sitialimah Aceh yang dilakukan oleh sekelompok oknum keluarga TBN LS bersama dangan kawan-kawannya pada hari Sabtu...

Saat Perbaiki Mesin, Kernet Truk Ditabrak di Tol Jakarta Tangerang

Reporter: Sawijan Jakarta | detikNews.co.id - Disaat memperbaiki truknya yang mogok kernet truk berinisial HDR meninggal dunia di Jalan Tol Jakarta-Tangerang Km 04.300 pada Selasa...

Pj Walikota Dukung Komitmen Akreditasi RSUD Kumpulan Pane

Reporter: J. Saragih Tebing Tinggi| detikNews - Pemerintah Kota bersama jajaran UPTD RSUD dr H. Kumpulan Pane Tebing Tinggi mendeklarasikan komitmen Akreditasi demi upaya mewujutkan...

Riswanto Tukang Becak, Kini Jadi Juragan Buah

Pemalang | detikNews - Adalah Riswanto seorang lelaki berusia 30 tahun, warga Kaligelang, Kecamatan Taman, Pemalang Jawa Tengah. Seorang yang mengalami pasang surutnya kehidupan,...

Penganiaya Ibu Rumah Tangga di Tarutung, berhasil Diringkus Sat Reskrim Polres Taput

Tapanuli Utara, Gerbang Indonesia - Setelah lima hari melarikan diri, tersangka penganiaya seorang ibu rumah tangga atas nama korban Stevy Simanjuntak ( 30 )...

Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga di Desa Bontonyeleng

Reporter: Wahyudi Bulukumba | Gerbang Indonesia - Hujan deras disertai angin kencang menerjang beberapa titik di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel), Tak terkecuali di Desa...
-Iklan Pembuatan Website Berita-spot_img
Berita terbaru
Berita Terkait