website statistics
22.4 C
Indonesia
Fri, 26 July 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Friday, 26 July 2024 | 3:25:44 WIB

Tak Batasi Usia Atlet, Hj.Arsyanti R Thalib Berikan Kesempatan Atlet IKASI Jabar Untuk Tunjukkan Kualitas Terbaiknya

Bandung | detikNews – Setelah dibukanya Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Daerah (BK PORDA) Cabang Olahraga Anggar yang digelar selama empat hari, per tanggal 29 Maret – 1 April 2022 ini. Bertempat di Gedung Olah Raga (GOR) Tri Lomba Juang Jl. Pajajaran, Pasir Kaliki, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat, sebanyak 215 atlet Anggar saling bersaing keras memperebutkan kuota untuk bisa masuk di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat XIV tahun 2022 mendatang.

Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) Jawa Barat, Hj.Asyanti Rozana Thalib.SE mengatakan total atlet yang dikirim dari 15 Kota/Kabupaten sebanyak 215 orang atlet.

“Total 215 atlet yang bertanding, mewakili 15 Kota/Kabupaten di Jawa Barat,” ujarnya, Selasa 29/03/2022.

Anggota DPRD Jawa Barat Fraksi PDIP ini mengungkapkan, bahwa babak kualifikasi yang dipertandingkan sebanyak 12 nomor, yakni mulai nomor perorangan maupun nomor beregu pada setiap jenis senjata yang dipergunakan.

“Jadi nomor yang dipertandingkan untuk jenis senjata Floret putra dan putri, Sable putra dan putri, serta Degen putra dan putri. Ini untuk perorangan dan beregu,” ungkap Srikandi PDIP.

Hj.Arsyanti R Thalib.SE juga menerangkan, bahwa IKASI Jawa Barat menerapkan batasan usia atlet yang dikirimnya, yakni maksimal 28 tahun. Namun, untuk nomor beregu, tidak dilakukan pembatasan usia.

“Kita bebaskan usia atlet untuk kelompok beregu karena kualitas atlet senior di Jabar masih cukup bagus, jadi sayang kalau tidak dilibatkan dalam pertandingan. Selain itu, di PON XXI tahun 2024 pun, untuk nomor-nomor beregu tidak dibatasi usia,” terangnya.

Ketua IKASI Jawa Barat menambahkan, para Atlet-atlet senior yang berusia diatas 28 tahun tersebut, masih memungkinkan menjadi bagian dari tim Anggar Jabar pada PON XXI tahun 2024 mendatang. Dengan catatan, memiliki kualitas yang bagus dibanding atlet lain dikelasnya.

“Kita juga melihat potensi-potensi atlet anggar dibawah usia 28 tahun ini sudah cukup bagus. Kalau mereka bisa mengikuti banyak pertandingan, kami yakin kualitas mereka akan terus meningkat,” pungkasnya.(Arifin)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait