26.9 C
Indonesia
Sab, 1 April 2023
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

26.9 C
Indonesia
Sabtu, 1 April 2023 | 11:16:50 WIB

Tak Kunjung ada Penyelesaian Banjir, H.Imam Musanto Imbau Dinas SDA Bongkar Pintu Air Kali di Kelurahan Pancoran Mas

Depok | detikNews – Hujan lebat yang turun pada Jum’at 15/7/2022 kemarin, mengakibatkan genangan air serta banjir dibeberapa titik pemukiman warga pada wilayah Kota Depok dan sekitarnya. Akibat dari banjir tersebut kemacetan pun terjadi dibeberapa ruas jalan. Banjir menerpa beberapa kawasan terutama wilayah Kelurahan Pancoran Mas, dan daerah yang sering mengalami banjir adalah wilayah dibantaran Kali Buk yang meliputi RW 05, 07, 015, 017, RW018 dengan ketinggian air mencapai pinggang orang dewasa.

Mendengar hal itu, H.Imam Musanto.S.Pd.MM, anggota DPRD Kota Depok Fraksi PKS didampingi Mat Labet Ketua LPM Kelurahan Pancoran Mas turun langsung meninjau titik-titik banjir tersebut, dan mengimbau pihak terkait dalam hal ini Dinas PUPR Bidang Sumber Day Air (SDA), untuk segera membongkar pintu air Kali Buk yang disinyalir menjadi titik masalah penyebab banjir pada lingkungan setempat, dan sekitarnya.

Baca juga:  Peringati WCD 2022, Warga Kecamatan Panmas Gelar Kegiatan Bersih-Bersih Dilingkungan Situ Rawa Besar

“Kejadian ini bukan hanya terjadi kali ini saja, bahkan setiap turun hujan deras jika, pintu air ini tidak segera dibuka, bisa dipastikan beberapa titik wilayah tersebut pasti tergenang air yang cukup tinggi”, ucap Bang Imun, Minggu 17/7/2022.

“Kita juga ga faham nih, apa fungsi dari pintu air tersebut. Pasalnya, jika pintu air itu berfungsi sebagai pengatur aliran air ke beberapa sawah, kan saat ini wilayah tersebut sudah tidak ada persawahan. Jadi, secara logika pintu air itu sudah tidak berfungsi lagi”, sambung Bang Imun.

Baca juga:  Menjalin Kolaborasi Efektif antara Stakeholder Kelurahan Jatimulya untuk Meningkatkan KTR dan IKL

Untuk yang ke sekian kalinya Ketua Perbakin Kota Depok ini menyarankan, agar Dinas terkait benar-benar fokus dalam menangani kasus banjir musiman ini. Dirinya kembali menyarankan agar pihak Dinas segera menormalisasi seluruh area kali yang ada khususnya diwilayahnya.

“Saya berharap, imbauan saya kali ini bisa didengarkan dengan baik untuk ditindaklanjuti oleh Dinas terkait, agar jangan sampai menunggu jatuhnya korban, karena mencegah akan lebih baik dari pada mengobati”, tambahnya.

“Permasalahan ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut, karena hal ini bisa merugikan orang banyak. Semoga Dinas terkait bisa segera menurunkan tim ahlinya, untuk dapat memberikan jalan keluar terbaik bagi permasalahan masyarakat ini”, tutup Bang Imun.

Baca juga:  Ciptakan Atlet Sepak Bola Berbakat, Dosen S3 Ini Gelar Event Nuryuliani Cup

Sementara itu, Mat Labet Ketua LPM Kelurahan Pancoran Mas menyarankan, karena penyebab banjir tersebut adalah Pintu Air, maka dirinya mengatakan agar sebaiknya Pintu Air tersebut ada baiknya segera dibongkar, untuk dapat meminimalisir kekhawatiran warga akan terjadinya banjir susulan kedepannya.

“Karena sudah tidak memiliki fungsi, dan bila terjadi debit hujan yang besar terjadi banjir dibeberapa titik. Maka, jalan keluarnya adalah pintu air harus dibongkar karena menghambat air yang mengalir, hingga mengakibatkan beberapa RW mengalami banjir”, ujar Mat Labet.

“Atas nama lembaga LPM, kami meminta dukungan kepada anggota Dewan agar Pintu Air tersebut dibongkar saja, untuk menghindari kejadian banjir dikemudian hari”, tutupnya.(Arifin)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru