27.4 C
Indonesia
Sab, 3 Desember 2022
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

27.4 C
Indonesia
Sabtu, 3 Desember 2022 | 9:13:24 WIB

Tak Kunjung ada Penyelesaian Banjir, H.Imam Musanto Imbau Dinas SDA Bongkar Pintu Air Kali di Kelurahan Pancoran Mas

Depok | detikNews – Hujan lebat yang turun pada Jum’at 15/7/2022 kemarin, mengakibatkan genangan air serta banjir dibeberapa titik pemukiman warga pada wilayah Kota Depok dan sekitarnya. Akibat dari banjir tersebut kemacetan pun terjadi dibeberapa ruas jalan. Banjir menerpa beberapa kawasan terutama wilayah Kelurahan Pancoran Mas, dan daerah yang sering mengalami banjir adalah wilayah dibantaran Kali Buk yang meliputi RW 05, 07, 015, 017, RW018 dengan ketinggian air mencapai pinggang orang dewasa.

Mendengar hal itu, H.Imam Musanto.S.Pd.MM, anggota DPRD Kota Depok Fraksi PKS didampingi Mat Labet Ketua LPM Kelurahan Pancoran Mas turun langsung meninjau titik-titik banjir tersebut, dan mengimbau pihak terkait dalam hal ini Dinas PUPR Bidang Sumber Day Air (SDA), untuk segera membongkar pintu air Kali Buk yang disinyalir menjadi titik masalah penyebab banjir pada lingkungan setempat, dan sekitarnya.

Baca juga:  Taufik Rendysara Soroti Rencana Pj Gubernur DKI Jakarta Bangun Tanggul Raksasa: Jangan Ngerusak Alam Pak Heru!!

“Kejadian ini bukan hanya terjadi kali ini saja, bahkan setiap turun hujan deras jika, pintu air ini tidak segera dibuka, bisa dipastikan beberapa titik wilayah tersebut pasti tergenang air yang cukup tinggi”, ucap Bang Imun, Minggu 17/7/2022.

“Kita juga ga faham nih, apa fungsi dari pintu air tersebut. Pasalnya, jika pintu air itu berfungsi sebagai pengatur aliran air ke beberapa sawah, kan saat ini wilayah tersebut sudah tidak ada persawahan. Jadi, secara logika pintu air itu sudah tidak berfungsi lagi”, sambung Bang Imun.

Baca juga:  Kuota Siswa Miskin PPDB Sekolah Negeri Depok Dipertanyakan, Ini Penjelasan Kemendikbudristek

Untuk yang ke sekian kalinya Ketua Perbakin Kota Depok ini menyarankan, agar Dinas terkait benar-benar fokus dalam menangani kasus banjir musiman ini. Dirinya kembali menyarankan agar pihak Dinas segera menormalisasi seluruh area kali yang ada khususnya diwilayahnya.

“Saya berharap, imbauan saya kali ini bisa didengarkan dengan baik untuk ditindaklanjuti oleh Dinas terkait, agar jangan sampai menunggu jatuhnya korban, karena mencegah akan lebih baik dari pada mengobati”, tambahnya.

“Permasalahan ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut, karena hal ini bisa merugikan orang banyak. Semoga Dinas terkait bisa segera menurunkan tim ahlinya, untuk dapat memberikan jalan keluar terbaik bagi permasalahan masyarakat ini”, tutup Bang Imun.

Baca juga:  Banjir dilokasi RT3/RW17 Panmas, Warga Minta Pintu Air Kali Pitara dibuatkan Posko dan ditempatkan Petugas Jaga

Sementara itu, Mat Labet Ketua LPM Kelurahan Pancoran Mas menyarankan, karena penyebab banjir tersebut adalah Pintu Air, maka dirinya mengatakan agar sebaiknya Pintu Air tersebut ada baiknya segera dibongkar, untuk dapat meminimalisir kekhawatiran warga akan terjadinya banjir susulan kedepannya.

“Karena sudah tidak memiliki fungsi, dan bila terjadi debit hujan yang besar terjadi banjir dibeberapa titik. Maka, jalan keluarnya adalah pintu air harus dibongkar karena menghambat air yang mengalir, hingga mengakibatkan beberapa RW mengalami banjir”, ujar Mat Labet.

“Atas nama lembaga LPM, kami meminta dukungan kepada anggota Dewan agar Pintu Air tersebut dibongkar saja, untuk menghindari kejadian banjir dikemudian hari”, tutupnya.(Arifin)

Komentar

-Iklan Pembuatan Website Berita-spot_img

Berita Terpopuler

Sitialimah Aceh Meminta Perlindungan Hukum di Polres Nias

Nias, Gerbang Indonesia - Terjadi pengancaman atas diri Sitialimah Aceh yang dilakukan oleh sekelompok oknum keluarga TBN LS bersama dangan kawan-kawannya pada hari Sabtu...

Saat Perbaiki Mesin, Kernet Truk Ditabrak di Tol Jakarta Tangerang

Reporter: Sawijan Jakarta | detikNews.co.id - Disaat memperbaiki truknya yang mogok kernet truk berinisial HDR meninggal dunia di Jalan Tol Jakarta-Tangerang Km 04.300 pada Selasa...

Pj Walikota Dukung Komitmen Akreditasi RSUD Kumpulan Pane

Reporter: J. Saragih Tebing Tinggi| detikNews - Pemerintah Kota bersama jajaran UPTD RSUD dr H. Kumpulan Pane Tebing Tinggi mendeklarasikan komitmen Akreditasi demi upaya mewujutkan...

Riswanto Tukang Becak, Kini Jadi Juragan Buah

Pemalang | detikNews - Adalah Riswanto seorang lelaki berusia 30 tahun, warga Kaligelang, Kecamatan Taman, Pemalang Jawa Tengah. Seorang yang mengalami pasang surutnya kehidupan,...

Penganiaya Ibu Rumah Tangga di Tarutung, berhasil Diringkus Sat Reskrim Polres Taput

Tapanuli Utara, Gerbang Indonesia - Setelah lima hari melarikan diri, tersangka penganiaya seorang ibu rumah tangga atas nama korban Stevy Simanjuntak ( 30 )...

Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga di Desa Bontonyeleng

Reporter: Wahyudi Bulukumba | Gerbang Indonesia - Hujan deras disertai angin kencang menerjang beberapa titik di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel), Tak terkecuali di Desa...
-Iklan Pembuatan Website Berita-spot_img
Berita terbaru