website statistics
23.4 C
Indonesia
Wed, 24 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Wednesday, 24 April 2024 | 3:17:49 WIB

Tak Punya Fasilitas Kesehatan, Warga Cisalak Desak Pemkot Depok Bangun Puskesmas

Depok | detikNews – Warga Kelurahan Cisalak, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok minta dibangunkan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) mengingat diwilayah Kelurahan Cisalak tersebut, sampai saat ini belum memiliki Puskesmas.

Retno, salah seorang warga Cisalak menyebutkan, bahwa dirinya kalau mau berobat ke Puskesmas itu harus ke Puskesmas yang berada di Kelurahan Abadijaya.

“Kalau mau berobat ke Puskesmas repot, karena jaraknya cukup jauh. Saya berharap di Kelurahan Cisalak cepat dibangun Puskesmas, jadi kalau mau berobat itu deket”, ujarnya, Jum’at 20/01/2023.

Hal senada juga dikatakan Sari (44) yang mengatakan, sangat mengharapkan diwilayahnya (Kelurahan Cisalak-red) ada Puskesmas sendiri, tidak digabung dengan Puskesmas Kelurahan Abadijaya. Terlebih keberadaan Puskesmas tersebut sangatlah penting bagi warga Cisalak sebagai pelayanan kesehatan masyarakat.

Baca juga:  Gempa Magnitudo 5 Mengguncang Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara: Peringatan Aktivitas Seismik di Sulut

“Semoga di wilayah kami cepat dibangun Puskesmas, karena kalau berobat ke Puskesmas Abadijaya kan jadi mengeluarkan ongkos yang cukup besar karena jaraknya lumayan jauh, tidak efisien lah menurut saya. Terlebih untuk para lansia, kasian kan”, tuturnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Irwan Setyawan membenarkan, bahwa sudah banyak warga yang mengeluh dan meminta dibangunnya Puskesmas diwilayah Kelurahan Cisalak.

“Warga memang sangat mengharapkan sekali adanya Puskesmas diwilayah Kelurahan kami. Warga merasa kesulitan jika berobat ke Puskesmas yang berada diwilayah Kelurahan Abadijaya, selain jarak yang cukup jauh juga untuk biaya ongkos transportasinya terasa menyulitkan warga”, ujar Irwan.

Baca juga:  Kepala Diskominfo Depok Memastikan Layanan NTPD 112 Berjalan Optimal dan Siap Tanggap Dalam Situasi Darurat

Untuk itu, lanjutnya, dalam Musrenbang pihaknyapun sudah mengusulkan pembangunan Puskesmas tersebut.

“Usulan warga pastinya akan kami akomodir, mudah-mudahan di tahun 2024 mendatang keinginan warga bisa terwujud. Terlebih saat Musrenbang dihadiri oleh 5 anggota DPRD Kota Depok, dan hal itu bagi saya adalah suatu kode alam bahwa keinginan masyarakat Cisalak untuk segera memiliki Puskesmas akan segera terwujud”, ungkapnya.

Menjawab pertanyaan, apakah sudah ada lahan untuk pembangunan Puskesmas tersebut, Irwan menjelaskan, terkait untuk lahan pembangunan tersebut pihaknya mengusulkan lahan di RW 07 yang luasnya kurang lebih sekitar 2500 meter persegi.

Baca juga:  Buka Kegiatan Jalan Santai Peringati Hari Kemerdekaan, H.Imam Musanto Ajak Masyarakat Depok Bangun Semangat Nasionalis Kebangsaan

Sementara itu Kepala Kantor Kelurahan Cisalak Rini Eka Sari menyebutkan, bahwa pembangunan Puskesmas saat ini memang yang sedang digaungkan oleh pihaknya.

“Dari usulan warga, kami akan mendorong penataan sampah sekaligus pembangunan Puskesmas, karena cukup jauh jarak untuk ke Puskesmas Abadijaya, dan sangat membutuhkan cost yang cukup tinggi”, ujarnya.

“Harapan kami yang tertinggi adalah pembangunan Puskesmas. Mudah-mudahan terealisasi dengan cepat sehingga sangat bermanfaat sekali untuk masyarakat Cisalak”, pungkasnya. (Emy)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait