website statistics
28.4 C
Indonesia
Mon, 4 March 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

28.4 C
Indonesia
Monday, 4 March 2024 | 11:37:56 WIB

Tanggapan Anies Baswedan Soal Dinding Pembatas JIS Ambrol

Reporter: Sawijan

Jakarta | detikNews.co.id – Ambrolnya dinding beton pembatas supporter dengan lapangan utama sisi tribun Utara Jakarta International Stadium (JIS) saat pelaksanaan grand launching Stadion JIS, pada Minggu 24 Juli 2022 sore.

Sekitar Pukul 17.40 WIB saat acara grand launching sedang menampilkan band ternama nasional. Kejadian tersebut membuat kaget sejumlah penonton yang berada di stadion.

Terlihat dinding beton ambrol ke arah sisi lapangan yang berwarna merah. Sedangkan tiang teralis yang ambrol juga jatuh mengarah ke sisi lapangan yang berwarna merah.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, pagar pembatas JIS bisa roboh tak terlepas dari semangat para penonton yang sangat tinggi.

Baca juga:  Dandim Bengkalis Bersama Prajurit Datangi Mapolres Bengkalis 

Terlebih ketika (JIS) Jakarta International Stadium yang berada di Sunter Jakarta Utara , baru pertama kali digunakan secara keseluruhan untuk menghelat pertandingan Persija Jakarta yang dihadiri The Jakmania.

kata Anies di ruang konferensi pers (JIS) “Soal pagar, saya rasa tadi semangatnya luar biasa tinggi dan ini adalah kali pertama semua digunakan.

Ketua Umum The Jakmania, Dicky Sumarno meminta kepada PT Jakarta Propertindo melakukan evaluasi, dan menyiapkan berbagai hal terkait keamanan penonton di dalam (JIS) Jakarta International Stadium.

Dicky bersyukur insiden robohnya pagar salah satu bagian tribun penonton di stadion tersebut terjadi saat peresmian JIS, bukan saat berlangsung pertandingan liga. Sebab, kata dia apabila kejadian itu terjadi pada saat liga bergulir, Persija Jakarta pasti didenda,” ungkapnya.

Baca juga:  Datang Takziah, Anies Baswedan Pimpin Sholat Jenazah Mohammad Taufik 

Untungnya pas peresmian, bukan pas liga mulai. Kalau enggak (saat peresmian) Persija pasti sudah didenda segala macem kan,” ucap Dicky.

Dicky juga membandingkan kondisi JIS dengan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) yang sudah memiliki fasilitas keamanan lebih lengkap untuk keamanan suporter (penonton). kata dia, sudah memiliki fasilitas yang cukup aman untuk pemandu suporter saat menyanyikan lagu-lagu dukungan.

Baca juga:  Terlibat Kecelakaan Maut di Tol Tangerang-Merak, Seorang Belita Tewas

Banyak hal yang harus disiapkan, kalau di tempat lain, katakanlah di GBK sudah ada ‘stagger’ buat nyanyi segala macem. Kalau di sini di (JIS) kan belum ada,” ucap Dicky.

Direktur Utama Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi DKI Jakarta, PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Widi Amanasto mengatakan masih melihat dulu dampak dari peristiwa pagar JIS yang roboh pada peresmian stadion ini.

Kekuatannya kami cek lagi deh semuanya, nanti begitu ya,” kata Widi di ruangan konferensi JIS. Tentunya bagi kami Jakpro adalah kami melihat dulu. (sw)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait