website statistics
29.4 C
Indonesia
Sat, 20 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

29.4 C
Indonesia
Saturday, 20 April 2024 | 14:16:58 WIB

Tanggapi Keluhan Warga Soal Parkir Liar Dilingkar Stadion Pakansari, Ketua DPRD Kabupaten Bogor Minta Harga Parkir Disesuaikan Dengan Aturan

Bogor | detikNews – Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto, memberikan tanggapan terhadap keluhan warga terkait parkir liar di kawasan lingkar Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dia menyatakan bahwa parkir di tepi jalan telah diatur oleh undang – undang dan peraturan Bupati setempat.

Rudy juga mengungkapkan, bahwa banyak masyarakat yang merasa kesulitan dengan harga parkir yang terlalu mahal dan perlu diatur sesuai ketentuan yang berlaku. Dia juga meminta Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor, untuk menertibkan parkir yang tidak sesuai dengan aturan dan hanya mengizinkan pengelola parkir yang sesuai dengan peraturan.

“Yang pertama, yang namanya parkir di tepi jalan tentunya sudah diatur oleh perundang – undangan yang berlaku. Peraturan Bupatinya juga sudah mengatur. Jadi segala hal yang menyangkut retribusi perparkiran tentunya harus mengacu pada ketentuan tersebut”, ucap Rudy, Sabtu 25/3/2023.

Baca juga:  Bangun Kerjasama Pendidikan Jurnalistik, DPC AJWI Bersama Disdik Kabupaten Bogor : Perlunya Pendidikan Jurnalis Untuk Siswa SLTP - SLTA

Menurut Rudy, orang yang hanya duduk – duduk di motor tidak perlu dikenai retribusi parkir. Harga parkir juga harus diatur sedemikian rupa sehingga tidak membebani masyarakat. Rudy mengatakan, bahwa perbedaan antara parkir dan jalan berbayar harus dibedakan dengan jelas.

“Jadi banyak masyarakat yang bawa motor, turun dari motor sambil ngabuburit, nongkrong, tiba – tiba didatangi, dikasih tiket parkir. Nah, tentunya tarif retribusi parkir tersebut juga jangan terlalu mahal. Ketentuan harganya kan sudah ada”, jelasnya.

Sebelumnya, video warga mengeluhkan parkir liar di lingkar Stadion Pakansari viral di media sosial. Waluyo, Kapolsek Cibinong mengatakan, bahwa pihaknya telah menerima aduan tersebut dan telah mengimbau kepada pengelola parkir agar tidak memberi tarif terlalu mahal serta bertanggung jawab atas kendaraan warga yang terparkir di wilayahnya.

Baca juga:  Daftar 7 Polisi Ditetapkan  Menjadi Tersangka Kasus Brigadir J, 3 Sudah Dipecat

“Kami telah mendatangi lokasi dan memberikan imbauan kepada para pengelola parkir. Diharapkan, dengan upaya yang telah dilakukan tersebut, tidak ada aksi premanisme ataupun pemaksaan dalam meminta harga parkir”, ujar Waluyo.

Sebelumnya diberitakan, video warga mengeluhkan parkir di kawasan lingkar Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar), viral di media sosial. Meski duduk tak jauh dari motornya, dia tetap dikenai parkir dan diminta membayarnya.

“Jadi kita lagi duduk di kursi, ini memang disediakan kan. Terus kita parkir motor di sini sambil jagain motor, tapi tahu-tahu dikasih parkir satunya Rp 5.000. Padahal kita nggak ke mana-mana, di sini aja. Padahal motor dijagain juga nggak sama orangnya”, kata perekam video tersebut.

Baca juga:  Ribuan Ikan Mati di Sungai Cileungsi, Komisi III DPRD Bogor Minta Dinas Lingkungan Hidup Bertindak Tegas

Rudy meminta, agar Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor segera mengambil tindakan untuk menyelesaikan masalah parkir liar di kawasan tersebut, sehingga tidak menimbulkan polemik yang lebih besar di masyarakat.

“Tentunya hal ini kami meminta Dinas Perhubungan untuk segera menertibkan. Selama pengelola tersebut adalah pengelola yang betul, yang sesuai, tentunya kita juga mengizinkan untuk dilaksanakan, tetapi dengan catatan tertentu, pertama tarifnya harus sesuai”, tandasnya.(Nawi)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait