website statistics
23.4 C
Indonesia
Sun, 21 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Sunday, 21 April 2024 | 3:55:14 WIB

Tanggapi Maraknya Statemen Spekulasi Hasil Suara Quick Count, PPK Panmas : Harap Masyarakat Tunggu Hasil Real Count Resmi KPU

Depok | detikNews – Menanggapi berbagai maraknya statement perolehan hasil suara hitung cepat (Quick Count) dari para peserta Pemilu 2024, Divisi Tungsura Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pancoran Mas Syarief mengimbau masyarakat, dan semua pihak terkait untuk menunggu hasil rekapitulasi perhitungan suara resmi yang sedang dilaksanakan pihak KPUD Kota Depok, khususnya di Daerah Pemilihan (Dapil) Depok 1 atau PPK Kecamatan Pancoran Mas dengan tanpa berasumsi kepada acuan lain.

Screenshot Hasil perhitungan sementara resmi situs KPU.(Foto : detikNews.co.id)

“Saat ini, setelah menghadapi berbagai kendala signal down Sirekap, kondisi rekapitulasi perhitungan suara yang kami lakukan sudah di posisi 30% dari total keseluruhan TPS yang ada di Kecamatan Pancoran Mas khususnya”, ucap Syarief, Kamis 22/2/2024.

Baca juga:  Pasangan Suami Istri yang Menjadi Korban Kebakaran di Depok Ternyata Merupakan Pengantin Baru Awal Tahun

“Setelah kembali normal, kami prediksi masih sekitar 5 hari atau satu Minggu lagi insyaalloh total perhitungan suara baru bisa kita selesaikan. Jadi, kami berharap kepada masyarakat serta pihak – pihak terkait untuk bersabar menunggu hasil real resmi yang akan dipublikasi pihak KPUD Kota Depok nantinya”, terangnya.

Lebih lanjut Divisi Tungsura PPK Pancoran Mas ini mengungkapkan, bahwa hal – hal yang perlu diperhatikan dalam Quick Count yakni : data yang digunakan itu adalah data sampel, sehingga selalu terdapat margin of error.

Baca juga:  Timnas Indonesia U-16 Akan Segera Berhadapan dengan Myanmar di Babak Semifinal Piala AFF U-16 2022
Screenshot hasil perhitungan sementara situs resmi KPU.(Foto : detikNews.co.id)

“Menurut Pasal 1 angka 22 Peraturan KPU 9/2022, penghitungan cepat adalah kegiatan penghitungan suara hasil Pemilu atau pemilihan secara cepat dengan menggunakan teknologi informasi atau berdasarkan metodologi tertentu, dan secara sederhana, Quick Count adalah penghitungan cepat hasil Pemilu yang belum terverifikasi pada setiap kemungkinan kesalahan yang terjadi pada prosesnya”, jelas Syarief.

Baca juga:  Bupati Madina Hadiri Pengajian Majelis Ta’lim Baitul Bukhori
Situasi rekapitulasi perhitungan suara Pemilu 2024 di Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok.(Foto : detikNews.co.id)

“Kita harus ingat, bahwa demokrasi yang sehat hanya dapat tumbuh di tengah-tengah masyarakat yang mengedepankan nilai-nilai kejujuran dan keadilan. Untuk itu, mari jaga kemurnian demokrasi. Saya berharap agar semua pihak dapat menjalani proses politik dengan integritas, menghormati perbedaan pendapat, dan menjaga kebersamaan”, tandas Syarief.(Arifin)

 

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait