21.4 C
Indonesia
Jum, 2 Desember 2022
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

21.4 C
Indonesia
Jumat, 2 Desember 2022 | 6:44:18 WIB

Temui Kapolres Sumenep Tomas KWK Bahas Penanganan Narkoba, dan Kelangkaan BBM Akibat APMS Nakal

Sumenep | detikNews – Kapolres Sumenep, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Edo Satya Kentriko, menerima Tokoh Masyarakat, yang tergabung dalam Komunitas Warga Kepulauan (KWK), dalam rangka membahas beberapa persoalan yang terjadi di Kepulauan Kangean.

Dalam pertemuan tersebut, Ketua KWK  H. Syafiuddin, SH.MH bersama Sekretarisnya Suudin menyampaikan, berbagai isu persoalan yang terjadi di Kepulauan Kangean dan Sapeken, terutama terkait dengan kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi serta penanganan Narkoba.

Ketua KWK memaparkan, Agen Premium Minyak dan Solar (APMS) I dan III, yang terletak di Kecamatan Arjasa, lemah fungsi pengawasannya. Sehingga BBM yang seharusnya masuk ke Dispenser untuk dijual ke masyarakat sesuai aturan, tidak dilakukan oleh pemilik APMS. Hal tersebut membuat harga BBM bersubsidi, yang harusnya dijual sesuai dengan harga yang ditetapkan oleh pemerintah, tidak terealisasi dengan baik.

Baca juga:  Polisi Turun Tangan Terkait Unggahan yang Viral "Ormas Palak Pekerja Proyek"

Syafiuddin mengungkapkan, bahwa akibat dari kenakalan para pengelola/pemilik APMS BBM bersubsidi yang harusnya dirasakan oleh kalangan masyarakat dengan harga murah, sudah tidak dirasakan lagi.

“Kelangkaan BBM bersubsidi, berdampak langsung pada kebutuhan Petani saat hendak membajak sawahnya dengan traktor berbahan bakar solar. Petani sulit bahkan tidak mudah mendapatkan BBB bersubsidi tersebut”, tuturnya.

“Kelangkaan BBM bersubsidi, juga berdampak kepada para Nelayan. Utamanya di Kepulauan Sapeken; Pagerungan, Sadulang dan Saredeng”, ungkapnya.

Lebih lanjut diungkapkannya, bahwa BBM jenis Solar yang jelas-jelas bersubsidi harganya mahal. Hal itu menurutnya karena distribusi BBM jenis Solar ditengarai ada pihak-pihak yang bermain, dan dalam proses distribusinya pula, diduga ada oknum yang bermain dalam pembelian di APMS yang mengatasnamakan Nelayan. Namun, minyak tidak dijual kepada Nelayan.

Baca juga:  Dikemas Kedalam Botol Minuman Berenergi, Tuak Suling Diamankan Satpol PP Padang

Ketua KWK menegaskan bahwa BBM bersubsidi tersebut, diduga kuat dijual ke Kapal Porsen dan angkutan perahu, yang Gross Tonnage (GT)-nya di atas 30-an, dimana kapal yang  GT-nya di atas 30-an tidak diperbolehkan memakai BBM bersubsidi, dan Kapal-kapal tersebut seharusnya membeli BBM Nonsubsidi.

Akibat dari dugaan penyalahgunaan penjualan BBM bersubsidi yang dibeli dari APMS Sapeken itulah diduga dilakukan oleh oknum, yang berimbas pada seringnya terjadi kelangkaan BBM jenis Solar. Hal ini diterangkan oleh H.Syafiuddin saat melakukan audeinsi dengan Kapolres Sumenep.

Sementara itu, Kapolres Sumenep merespon dengan baik atas laporan Ketua KWK tersebut.

Baca juga:  Beraksi di 3 Tempat Dalam 1 Malam Begal di Tanjung Priuk Tertangkap

Pertama, Kapolres Sumenep akan menindaklanjuti laporan penyaluran BBM bersubsidi yang tidak tepat sasaran ini, dan Kapolres bersama tim, bersama dengan BPH Migas, akan terus melakukan pemantauan dan pengintaian.

Selain itu, Ketua Kwk juga menyampaikan soal maraknya peredaran Narkoba diwilayah kepulauan. Atas laporan ini, Kapolres dan tim akan meningkatkan pengawasannya di pintu-pintu masuk yang disinyalir sebagai pintu distribusi Narkoba, untuk memaksimalkan penjagaan dan keamanan di Kabupaten Sumenep hingga ke Kepulauan.

Kapolres Sumenep sendiri mengaku, bahwa masih perlu ada penambahan personil Polri diwilayah hukumnya.

“Karena kami terbatas, disini kita atur seadanya “, ungkapnya di akhir pembicaraanya bersama Tim Komunitas Waraga Kepulauan. (WW/B)

Komentar

-Iklan Pembuatan Website Berita-spot_img

Berita Terpopuler

Sitialimah Aceh Meminta Perlindungan Hukum di Polres Nias

Nias, Gerbang Indonesia - Terjadi pengancaman atas diri Sitialimah Aceh yang dilakukan oleh sekelompok oknum keluarga TBN LS bersama dangan kawan-kawannya pada hari Sabtu...

Saat Perbaiki Mesin, Kernet Truk Ditabrak di Tol Jakarta Tangerang

Reporter: Sawijan Jakarta | detikNews.co.id - Disaat memperbaiki truknya yang mogok kernet truk berinisial HDR meninggal dunia di Jalan Tol Jakarta-Tangerang Km 04.300 pada Selasa...

Pj Walikota Dukung Komitmen Akreditasi RSUD Kumpulan Pane

Reporter: J. Saragih Tebing Tinggi| detikNews - Pemerintah Kota bersama jajaran UPTD RSUD dr H. Kumpulan Pane Tebing Tinggi mendeklarasikan komitmen Akreditasi demi upaya mewujutkan...

Riswanto Tukang Becak, Kini Jadi Juragan Buah

Pemalang | detikNews - Adalah Riswanto seorang lelaki berusia 30 tahun, warga Kaligelang, Kecamatan Taman, Pemalang Jawa Tengah. Seorang yang mengalami pasang surutnya kehidupan,...

Penganiaya Ibu Rumah Tangga di Tarutung, berhasil Diringkus Sat Reskrim Polres Taput

Tapanuli Utara, Gerbang Indonesia - Setelah lima hari melarikan diri, tersangka penganiaya seorang ibu rumah tangga atas nama korban Stevy Simanjuntak ( 30 )...

Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga di Desa Bontonyeleng

Reporter: Wahyudi Bulukumba | Gerbang Indonesia - Hujan deras disertai angin kencang menerjang beberapa titik di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel), Tak terkecuali di Desa...
-Iklan Pembuatan Website Berita-spot_img
Berita terbaru
Berita Terkait